• Senin, 15 Agustus 2022

Ini Tips Kemenparekraf Agar Brand Lokal Anda Sukses di Pasar Domestik dan Global

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 23:57 WIB
Tangkapan layar situs Stimulus Bangga Buatan Indonesia (I More)
Tangkapan layar situs Stimulus Bangga Buatan Indonesia (I More)

 

MEDIUSNEWS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong brand-brand lokal bisa berkompetisi di pasar domestik maupun global. Selain memberikan stimulus khusus, Kemenparekraf pun memberikan tips agar brand lokal dan UMKM kreatif tetap eksis di tengah pandemi.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, dalam acara WeFeatureForum di Jakarta, Sabtu (30/10/2021), memberikan beberapa tips untuk mencapai target tersebut.

Pertama, dengan meningkatkan kualitas. Artinya produsen brand lokal perlu menjaga kualitas produksi yang bagus sehingga tetap dilirik dan diapresiasi konsumen, termasuk di masa pandemi.

Baca Juga: Kerap Dapat Info di Medsos, Kapolda Metro Jaya Ingin Bentuk Dream Team Pemberantasan Kejahatan Malam Hari

Aspek kedua, menurut Neil adalah narasi pemasaran agar bisa menarik perhatian masyarakat. Kreativitas dalam menciptakan narasi yang menarik dibutuhkan guna menarik minat pasar.

Ketiga adalah kemampuan marketing yang bagus. Melalui pemasaran yang konsisten dan melalui saluran yang tepat, produk-produk lokal juga akan bisa bertahan di tengah pandemi.

Aspek keempat terkait desain. Salah satu contohnya dengan menyematkan bendera negara Merah Putih. Dengan membawa bendera Indonesia dalam produk, kita bisa menghadirkan kebanggaan tersendiri saat bisa terpasarkan di market global.

"Kita lihat semua produk film Amerika pasti ada tayangan bendera Amerika, hal itu bisa kita lakukan juga dengan menempelkan bendera Indonesia di produk kita, seperti produk Indomie yang sekarang menjadi budaya di negara Afrika," jelas Neil.

Baca Juga: Hampir 250 Triliun Nilai Penyaluran Pinjaman Online Hingga Oktober 2021

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Delapan Motivasi yang Bikin Usaha Sukses

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:59 WIB

XL Axiata Targetkan Bangun 2.500 BTS 4G Baru

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:19 WIB

RUPSLB XL Axiata Sepakat Menambah Modal Lewat PUT III

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:38 WIB

Kenapa Negara-negara Mini ini Bisa Menjadi Kaya Raya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X