• Senin, 26 September 2022

Kontribusi Sawit Bagi Ekonomi Nasional Perlu Didukung Riset & Pengembangan

- Rabu, 17 November 2021 | 23:58 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Humas Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Humas Kemenko Perekonomian

MEDIUSNEWS - Kelapa sawit sebagai salah satu komoditas andalan nasional menunjukkan kontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional saat ini. Kelapa Sawit yang berkontribusi mencapai 15,6% dari total ekspor non-migas dan menyumbang sekitar 3,5% terhadap PDB nasional menopang pertumbuhan positif di Kuartal II (Q2) dan Q3 2021.

Menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kinerja positif ini perlu didukung dengan riset guna menopang industri yang mempekerjakan 16,2 juta pekerja ini.

Penelitan dan pengembagan (litbang) tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya saing, tapi juga mengeluarkan inovasi pemanfaatan baru tapi juga menjaga kelestarian lingkungan

Peran riset dan pengembangan serta pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting dalam meningkatkan bargaining position negara.

Baca Juga: Kartu Prakerja Bukan Sebatas Program Bansos, Tetapi juga Pelatihan Kerja

Dalam Pekan Riset Sawit Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) secara virtual, Rabu (17/11/2021), Airlangga menjelaskan bahwa riset dari industri sawit diharapkan menitikberatkan pada tiga pilar utama.

"Pertama, aspek penguatan, aspek pengembangan, dan aspek peningkatan pemberdayaan perkebunan dan industri sawit yang bersinergi baik dari hulu maupun hilir," kata Ketua Umum Parta Golkar ini.

Kedua, yang terkait dengan konsolidasi data, produktivitas, peningkatan kapasitas maupun teknologi di pabrik kelapa sawit, dan tentunya pemberdayaan petani sawit.

Ketiga, pengembangan domestik market dengan penggunaan bahan bakar nabati, dan riset di bidang pengembangan biodisel 100 dan avtur.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Super Air Jet Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Belitung

Sabtu, 10 September 2022 | 23:24 WIB
X