• Rabu, 7 Desember 2022

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 79 Persen

- Jumat, 31 Desember 2021 | 13:53 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sumber: Instagram PT KCIC
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sumber: Instagram PT KCIC

MEDIUSNEWS - Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menerangkan, proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini telah mencapai 79 persen. Perkembangan terbaru dalam proyek ini adalah dimulainya pemasangan bantalan rel (slab track).

"Kita masih di kisaran 79%. Karena memang ada beberapa yang masih terkendala," kata Dwiyana Slamet Riyadi, Rabu, 29 Desember 2021.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah pada pengerjaan terowongan (tunnel) II. Masalah yang dihadapi terutama dari sisi geologi. Karena itu, Tim pakar terowongan dari China bekerja sama dengan tim dari ITB tengah mengkaji tantangan tersebut.

Baca Juga: KSPPA, Total Korban Rudapaksa Herry Wirawan Sebenarnya 29 Anak

Terkait perkembangan terakhir proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Dwiyana menyebut pemasangan bantalan rel telah dimulai. Teknologi yang digunakan dalam pengerjaan bantalan rel kereta cepat tergolong baru.

"Slap track di workshop Dawuan, Kawarang adalah bagaimana transfer knowledge dilakukan dengan baik dari Sino Hydro diserahkan kepada Wika," lanjut Dwiyana.

Bantalan rel ini tidak dikelilingi batuan, sebagaimana bantalan rel konvensional. Teknologi yang dikembangkan oleh Sino Hydro ini telah ditransfer ke pihak Indonesia, dalam hal ini WIKA Beton sebagai penanggung jawab produksi.

Baca Juga: KPK Setor 203 miliar PNBP ke Negara Sepanjang 2021

Proses produksi bantalan rel dilakukan Wika di salah satu bengkel di Dawuan, Karawang. Alih teknologi dan pengetahuan ini diapresiasi Dwiyana. Diharapkan teknologi baru tersebut dapat diterapkan dalam proyek-proyek lain.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Perusahaan Terkaya di Dunia 2022

Rabu, 7 Desember 2022 | 04:46 WIB

Ini Strategi Besar Ekonomi Nasional ala Jokowi

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:48 WIB

Le Minerale Luncurkan Kemasan Khusus Pesta Bola 2022

Rabu, 23 November 2022 | 08:46 WIB
X