• Senin, 15 Agustus 2022

Sang Hyang Seri Bangun Pembibitan Kultura Unggul Melalui Ekosistem Bisnis Perbenihan

- Selasa, 8 Maret 2022 | 18:42 WIB
Petani mitra PT Sang Hyang Seri melintas di area sawah petani padi (Foto: mediusnews.com)
Petani mitra PT Sang Hyang Seri melintas di area sawah petani padi (Foto: mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Direktur Utama PT SHS Maryono mengatakan bergabungnya PT Pertani dengan PT SHS dapat memperkuat sektor pertanian yakni sebagai perusahaan perbenihan, perberasan, melaui teknologi pembibitan kultura unggul yang diharapkan menjadi suatu ekosistem bisnis end to end dengan layanan ketahanan pangan nasional.

"Jadi perusahaan ini bisnisnya tidak akan jauh dari situ, jadi kami tidak akan bisnis obat, kami semua akan ke pertanian, dan beruntung sekali di (Desa) Sukamandi (Subang) itu kita punya lahan 3.200 hektar dan ini akan menjadi yang terbesar. Kalau ini kita buat industrialisasi pertanian, ini industrialisasi besar 3200 hektar itu lahan yang luas," kata Maryono kepada tim mediusnews.com di Subang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Mantan Dirut PT Pertani ini menambahkan saat ini di desa Sukamandi, lahan yang dikelola PT SHS sebesar 3.200 hektar selain kantor cabang di beberapa wilayah Indonesia.

Baca Juga: Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng akan Tingkatkan Sektor Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata

"Jadi Pertani dan Sang Hyang Seri itu punya cabang di seluruh Indonesia, katakanlah pabrik penggilingan padi, kita itu ada 14-an pabrik penggilingan padi, 13 sekarang yang beroperasi. Belum perbenihan. Kita bermitra, hampir 10 ribu hektar bermitra dengan petani," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Sang Hyang Seri mampu memproduksi benih dan sebagai pemasok sekitar 35 ribu ton, bahkan impiannya akan memproduksi lebih besar lagi.

"Jadi kalau kita lihat, siapa yang memproduksi benih terbesar di Indonesia? jawabannya Sang Hyang Seri. Kita memproduksi benih hampir memasok 35 ribu ton per tahun, itu yang paling besar, tidak ada yang menandingi, dan kami akan tingkatkan terus," urainya.

Baca Juga: Menhub: Demi Keseimbangan Alur Logistik, Pasokan Beras Wilayah Timur Disuplai dari Merauke

Dia berharap dengan manajemen baru dibawah kepemimpinannya produksi pertanian di Indonesia bisa diatas 10 ton dengan luasan lahan diatas 10 hingga 15 hektar, guna mencukupi ketahanan pangan.

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Delapan Motivasi yang Bikin Usaha Sukses

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:59 WIB

XL Axiata Targetkan Bangun 2.500 BTS 4G Baru

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:19 WIB

RUPSLB XL Axiata Sepakat Menambah Modal Lewat PUT III

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:38 WIB

Kenapa Negara-negara Mini ini Bisa Menjadi Kaya Raya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X