• Senin, 15 Agustus 2022

Ketum Kadin DKI Ingatkan Pemerintah Soal Dampak Resesi AS

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:59 WIB
Ketum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi (Foto: Bona/mediusnews.com)
Ketum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi (Foto: Bona/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi mengingatkan agar pemerintah Indonesia, menyiapkan upaya antisipasi seiring masuknya perekonomian Amerika Serikat (AS) dalam kondisi resesi.

Negeri Paman Sam baru mengumumkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang minus 0,9 persen pada triwulan II-2022. Ini menjadi yang kedua kalinya secara berturut-turut, mengingat pada triwulan I-2022, pertumbuhan PDB AS juga minus. Dengan demikian, kondisi perekonomian AS resmi masuk dalam kondisi resesi.

Selain Amerika, kondisi buruk yang ada saat ini pada dasarnya juga tengah menghinggapi perekonomian dunia secara keseluruhan. Kondisi perekonomian global saat ini masih diliputi ketidakpastian.

"Dengan aktivitas perekonomian Amerika yang saat ini tengah terkontraksi, dikhawatirkan bakal meningkatkan risiko terjadinya resesi perekonomian dunia," ujar dia, Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Lantik Pengurus Kadin NTT, Arsyad Rasyid Ingatkan Tantangan Indonesia Emas

Menurut Diana Dewi, saat ini segenap aktivitas perekonomian di hampir seluruh negara di dunia bisa dianggap terkoneksi secara global dengan perekonomian AS.

"Kondisi saling terhubung itulah yang disebut Diana bakal menjadi jalan merembetnya resesi ke negara-negara lain bila tidak diantisipasi dengan baik," ungkap dia.

Di lain pihak, Diana Dewi juga meyakini bahwa resesi AS bakal berpotensi mendorong pelaku dunia usaha enggan meminjam dana dari perbankan. Jika kondisi ini benar-benar terjadi, maka dampaknya terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid 19 juga berpotensi bakal terganggu.

"Kemenkeu (Kementerian Keuangan) kan sebelumnya sudah merilis, bahwa bila terjadi tekanan inflasi tinggi di AS maka berpotensi menaikkan suku bunga acuan. Saat bunga tinggi, maka konsumen dapat pengembalian yang lebih tinggi atas uang yang mereka simpan di rekening bank," ujar Diana.

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Delapan Motivasi yang Bikin Usaha Sukses

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:59 WIB

XL Axiata Targetkan Bangun 2.500 BTS 4G Baru

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:19 WIB

RUPSLB XL Axiata Sepakat Menambah Modal Lewat PUT III

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:38 WIB

Kenapa Negara-negara Mini ini Bisa Menjadi Kaya Raya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X