• Senin, 26 September 2022

Kenapa Negara-negara Mini ini Bisa Menjadi Kaya Raya

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:56 WIB
Daftar negara terkaya didunia berdasar PDB per Kapita (Harga Konstan). (Majalah Global Finance)
Daftar negara terkaya didunia berdasar PDB per Kapita (Harga Konstan). (Majalah Global Finance)

 

MEDIUSNEWS - Indonesia saat ini menempati posisi Presidensi G-20, suatu posisi yang layak dibanggakan di kancah global. Dengan status sebagai anggota G-20, Indonesia diakui sebagai salah satu dari Top 20 ekonomi terbesar di dunia.

Data Dana Moneter Internasional atau IMF menempatkan Indonesia pada posisi ke-16 kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Posisi tersebut dihitung berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara. Untuk kawasan Asia, RI menempati posisi ke-5, di bawah China, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Namun peringkat itu, akan berbeda jika standar ukuran yang dipakai diubah. Jika dihitung berbasis PDB atas paritas daya beli per kapita atau PDB PPP per Kapita, peringkat negara-negara terkaya didominasi negara-negara kecil.

Berikut daftar 15 Negara Terkaya Berdasarkan PDP per Kapita:

1. Monako
2. Liechtenstein
3. Luksemburg
4. Singapura
5. Irlandia
6. Qatar
7. Swiss
8. Uni Emirat Arab
9. Norwegia
10. Amerika Serikat
11. Brunai Darussalam
12. Taiwan
13. San Marino
14. Denmark
15. Belanda

Baca Juga: Peringkat Negara Terkaya Dunia 2022, Indonesia di Atas Belanda dan Swiss

Sebagai catatan, terdapat dua wilayah yurisdiksi China yang sebenarnya masuk dalam kualifikasi di atas, yaitu Makau dan Hong Kong.

Dalam daftar tersebut terdapat nama-nama negara, seperti Monako, Liechtenstein, Luksemburg, Singapura, Irlandia, Qatar, UEA, Swiss, Brunai, San Marino, dan Belanda, plus Hong Kong dan Makau. Bisa dikatakan, Top 7 negara terkaya berdasarkan PDB per Kapita adalah negara-negara mini. Itu belum termasuk negara-negara seperti Andorra dan Gibraltal yang berada di peringkat berikutnya.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Super Air Jet Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Belitung

Sabtu, 10 September 2022 | 23:24 WIB
X