• Rabu, 7 Desember 2022

Buat Kamu Pencari Kerja, Ini Karakter Talenta yang Dibutuhkan Industri Pasca Pandemi

- Jumat, 9 September 2022 | 17:53 WIB
Ilustrasi dunia kerja. (Pexels)
Ilustrasi dunia kerja. (Pexels)

MEDIUSNEWS - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Perdagangan, Juan Permata, mengatakan pandemi Covid-19 telah mendorong para pelaku industri untuk terus mencari talenta-talenta berkualitas, inovatif, dan kreatif.

Kehadiran pandemi Covid-19, kata Juan, juga menciptakan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan keahlian dan karakter tertentu. Salah satu keahlian yang paling dibutuhkan saat ini adalah pemahaman akan teknologi.

“Transformasi digital menjadi kunci bagi pelaku usaha untuk tidak tergerus dampak pandemi. Karena itu, dunia usaha sangat membutuhkan tenaga kerja yang dapat mendukung transformasi tersebut."

Perubahan ini juga berdampak pada dunia pendidikan, seiring tantangan dan derasnya perubahan di berbagai belahan dunia. Sehingga diperlukan perubahan mendasar dalam bidang pendidikan.

Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Dr. Djisman Simandjuntak menyoroti tentang peran serta dunia pendidikan untuk mendukung penyediaan talenta yang dibutuhkan untuk kemajuan negeri ini.

Baca: Anggaran Kementerian PUPR Disahkan DPR, Berikut Alokasinya untuk Proyek Infrastruktur 2023

"Perusahaan science based yang besar dan tumbuh di negeri ini masih sangat sedikit. Padahal hidup kita semakin tergantung pada teknologi. Karena itu, kita harus bisa menggerakkan siswa-siswa Indonesia untuk memilih pembelajaran yang mengarah kepada kewirausahaan. Minyak bumi, gas, hutan habis, overfishing terjadi di mana-mana. Pilihan kita tidak lain selain membangun bisnis-bisnis yang berbasis ilmu pengetahuan," ujarnya di Jakarta, Jumat, 9 September 2022.

Djisman juga mengemukakan konsep fundamental resetting dalam dunia pendidikan untuk menjawab tantangan perubahan.

Karena itu, kata dia, konsep fundamental resetting adalah perubahan mendasar sebagai upaya menjawab tantangan perubahan zaman yang semakin pesat.

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Perusahaan Terkaya di Dunia 2022

Rabu, 7 Desember 2022 | 04:46 WIB

Ini Strategi Besar Ekonomi Nasional ala Jokowi

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:48 WIB

Le Minerale Luncurkan Kemasan Khusus Pesta Bola 2022

Rabu, 23 November 2022 | 08:46 WIB
X