MDI Ventures Fasilitasi Pendanaan Startup Hingga Rp 6 Triliun

- Kamis, 17 November 2022 | 22:54 WIB
Telkom Group Sukses Datangkan Ratusan Investor untuk Danai Startup Tanah Air  (IST)
Telkom Group Sukses Datangkan Ratusan Investor untuk Danai Startup Tanah Air  (IST)

MEDIUSNEWS - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya MDI Ventures berupaya memfasilitasi pendanaan bagi startup Tanah Air.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan mempertemukan ratusan startup nasional dengan para investor dari dalam maupun luar negeri.

“Kami percaya bahwa Telkom memiliki peran sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi Indonesia. Oleh karena itu, kami terus bersikap proaktif dalam membaca potensi pasar dan menilik berbagai peluang untuk melakukan ekspansi bisnis," terang Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom, sebagaimana dikutip dari rilis Kementerian BUMN, Kamis, 17 November 2022.

Berkat inisiatif tersebut, 25 startup tanah air berhasil meraih pendanaan senilai total Rp6,19 triliun ($399 juta) untuk pendanaan tahap pra-awal (pre-seed) hingga Seri-C. Inisiatif tersebut mendatangkan apresiasi dari Menteri BUMN RI Erick Thohir.

"Investment agreement dengan nilai tidak sedikit mencapai 399 juta dollar ini tentunya bukti nyata bahwa Telkom serius dalam mendukung perkembangan ekosistem startup merah putih," kata Erick Thohir

Baca Juga: Rangkaian Kegiatan G20 Dongkrak Kinerja Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Salah satu kegiatan yang dilukan MDI Ventures adalah HUB.ID Summit 2022. Acara ini diadakan oleh Kominfo dan didukung oleh MDI Ventures. Event yang berlangsung pada tanggal 5-6 September 2022 ini mempertemukan 80 startup dari berbagai industri dengan 70 investor dan mitra bisnis yang dapat membantu perkembangan usaha mereka.

Kegiatan lainnya adalah MDI-Telkom Business Match Working 2022, pertemuan online 1-on-1 serta sesi pitching pada tanggal 28 Juli 2022 yang mengundang 115 startup, dan menghadirkan 56 investor lokal dan internasional, dan menghasilkan 261 sesi meeting.

Dari total pendanaan $399 juta, mayoritas di antaranya (92,8%) merupakan pendanaan Seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal. Hal ini menunjukkan bahwa para investor memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia, dan startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X