Hutang Lagi, ADB Kucurkan Pinjaman 500 Juta Dolar AS untuk Reformasi BUMN

- Jumat, 18 November 2022 | 13:24 WIB
Hutang Lagi, ADB Kucurkan Pinjaman 500 Juta Dolar AS untuk Reformasi BUMN (Foto: Website ADB)
Hutang Lagi, ADB Kucurkan Pinjaman 500 Juta Dolar AS untuk Reformasi BUMN (Foto: Website ADB)

MEDIUSNEWS - Indonesia dapat bantuan hutang lagi setelah Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia memberikan pinjaman berbasis kebijakan sebesar 500 juta dolar AS untuk mendukung reformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pinjaman tersebut akan mencakup subprogram pertama di bawah Program Reformasi BUMN (State-Owned Enterprises Reform Program), yang akan membantu Indonesia meningkatkan efisiensi dan resiliensi BUMN, serta memperkuat kerangka tata kelola perusahaan.

"Agar dapat memberikan nilai yang lebih besar bagi masyarakat, kelemahan struktural BUMN harus diatasi. ADB senang dapat ikut serta dalam mendukung upaya pemerintah mereformasi BUMN," kata Spesialis Manajemen Publik Senior ADB untuk Asia Tenggara Yurenda Basnett dalam keterangan resmi, Jumat 18 November 2022.

Baca Juga: Di Depan Pimpinan ADB, Presiden Banggakan Kesuksesan Vaksinasi Covid di Indonesia

Hal itu sesuai dengan Peta Jalan BUMN 2020–2024 yang menyeluruh dan ambisius, yang memperkenalkan serangkaian reformasi untuk mentransformasikan BUMN dan memastikan kontribusinya terhadap cita-cita Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045.

Program tersebut juga akan mendukung pengurangan jumlah BUMN, sekaligus mensyaratkan BUMN untuk fokus pada operasi intinya sehingga BUMN menjadi layak secara keuangan dan dapat menyediakan layanan publik esensial secara efisien.

Selain itu, program itu juga mendukung langkah-langkah peningkatan kualitas dewan direksi BUMN, memperkuat pemantauan dan keterbukaan keuangan, serta membantu BUMN bertransisi ke model usaha yang kompatibel dengan iklim.

Pada 2021, Indonesia memiliki lebih dari 100 BUMN, dengan aset keseluruhan senilai 610 miliar dolar AS, setara sekitar 53 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Baca Juga: KSP Selesaikan Sengketa Tanah Perluasan RSUP dr M Djamil Padang, Moeldoko Apresiasi Kementerian BUMN

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X