Jokowi Undang Pebisnis Selandia Baru Investasi Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia

- Jumat, 18 November 2022 | 19:53 WIB
Jokowi Undang Pebisnis Selandia Baru Investasi Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Jokowi Undang Pebisnis Selandia Baru Investasi Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo atau Jokowi jajaki kerja sama yang lebih erat dengan Selandia Baru. Untuk itu Jokowi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern.

Isu kerja sama transisi energi merupakan salah satu isu utama yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Kimpton Maa Lai, Bangkok, Thailand, Jumat 18 November 2022 itu.

Jokowi mengatakan Indonesia terus memperkuat upaya transisi energi menggunakan energi baru dan terbarukan.

Baca Juga: Jokowi Jelaskan Makna Patung GWK kepada Pemimpin Dunia di Gala Dinner KTT G20

“Saya mengundang pebisnis Selandia Baru untuk investasi pada pengembangan energi panas bumi di Indonesia,” kata Jokowi. Dikutip dari presidenri.go.id.

Isu lain yang disampaikan Jokowi ketika bertemu Jacinda Ardern di sela-sela Konferensi Timgkat Tinggi (KTT) APEC itu adalah terkait penguatan kerja sama ekonomi.

“Kita perlu dorong akses pasar bagi perdagangan kedua negara khususnya pada komoditas pertanian, mineral, besi dan baja, dan plastik, serta kerja sama bidang pertanian dan sertifikasi halal,” ungkap Jokowi.

Baca Juga: Serba Ilmiah dan Tanpa Pawang Hujan, Begini Cara Panitia Rekayasa Cuaca untuk Gala Dinner KTT G20

Dan isu ketiga yang dibahas Jokowi adalah terkait kerja sama kawasan. Jokowi mengatakan Indonesia berkomitmen untuk mendorong kerja sama pembangunan di Pasifik. Untuk itu, tahun depan, Indonesia akan mendorong engagement negara Pasifik dengan ASEAN.
 
“Saya ingin Selandia Baru dapat menjadi jembatan penghubung kemitraan antara ASEAN dan Pasifik di kawasan Indo-Pasifik,” pinta Jokowi.

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X