Ini Strategi Besar Ekonomi Nasional ala Jokowi

- Jumat, 2 Desember 2022 | 20:48 WIB
Presiden Joko Widodo ditemani sejumlah menteri dan petinggi Kadin Indonesia membuka Rapimnas Kadin 2022 (Youtube/Setpres)
Presiden Joko Widodo ditemani sejumlah menteri dan petinggi Kadin Indonesia membuka Rapimnas Kadin 2022 (Youtube/Setpres)

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia memiliki strategi besar untuk membangun perekonomian negara. Strategi tersebut bertujuan membuat negara-negara lain bergantung pada Indonesia secara ekonomi.

Caranya, menurut Presiden Jokowi, adalah membangun suatu ekosistem ekonomi besar dari hulu ke hilir melalui sistem produksi yang terintegrasi.

"Yang tidak pernah kita lakukan dari dulu adalah mengintegrasikan itu semua (kekayaan sumber daya alam) menjadi suatu ekosistem besar. Sehingga tidak memiliki nilai tambah yang besar, sehingga kita dimain-mainkan negara lain," ujar Jokowi saat membuka Rapimnas Kadin Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

Baca Juga: Dunia Usaha Berharap Stabilitas Politik dan Keamanan di 2023

Dia mencontohkan kekayaan tembaga Indonesia yang sudah diekploitasi lebih dari 50 tahun. Tapi, smelternya ada di Spanyol dan Jepang. Kondisi ini berdampak negatif tidak hanya pada penerimaan negara, tetapi juga bagi para pelaku ekonomi nasional.

"kita dapat apa, dan kita dapat apa. Terus pengusaha daerah dapat apa? UMKM dapat apa? Ini gerbong besar!" sambung Jokowi.

Dia menjamin, dia masa pemerintahannya negara akan dengan sekuat tenaga mengupayakan integrasi seluruh potensi ekonomi nasional dalam suatu ekosistem ekonomi yang memungkina nilai tambah yang lebih besar dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

Langkah awal yang telah dimulai adalah dengan membangun ekosistem baterai kendaraan listrik di Indonesia. Dengan demikian, di masa depan, semua pihak yang hendak mengembangkan kendaraan listrik akan bergantung pada RI.

"Saya pernah hitung-hitung, 60 persen nanti produksi EV battery itu ada di Indonesia," imbuh Presiden.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X