40 Perusahaan Terkaya di Dunia 2022

- Rabu, 7 Desember 2022 | 04:46 WIB
Daftar perusahaan terkaya 2022. (bscholarly)
Daftar perusahaan terkaya 2022. (bscholarly)

 

MEDIUSNEWS - Usai dihantam Pandemi Covid-19, banyak perusahaan raksasa yang ikut terpuruk. Walaupun tidak banyak perubahan di level 10 besar perusahaan terkaya, namun penyebaran Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini ternyata membawa pengaruh signifikan pada Top 100 perusahaan terkaya di dunia

Fenomena yang tampak pada list 2022 menunjukkan masuknya puluhan perusahaan farmasi dan bidang kesehatannya lainnya dalam Top 100 perusahaan terkaya di dunia. Perusahaan-perusahaan dimaksud tentu saja sudah cukup lama menjadi penguasa pasar di bidangnya.

Namun, nama besar perusahaan farmasi, produk kesehatan, dan bioteknologi sebelum pandemi belum mampu mengalahkan raksasa-raksasa sektor lain, seperti minyak & gas, perbankan dan keuangan dari sisi kekayaan.

Daftar terbaru Tahun 2022 menyingkap fakta berbeda. Sejumlah perusahaan di bidang kesehatan dan farmasi telah mampu menggeser raksasa migas dan keuangan. Perusahaan migas yang hingga dekade lalu masih mendominasi Top 20, kini tingga menyisakan tiga perusahaan di Top 25.

Sebagai catatan, ukuran kekayaan yang dipakai di sini adalah kapitalisasi pasar atau market cap. Artinya yang jadi ukuran adalah nilai total aset perusahaan berdasarkan harga pasar saat ini. Terdapat data berbeda terkait Market Cap dari perusahaan-perusahaan berikut. Namun, peringkat perusahaan secara umum tidak mengalami perubahan.

Baca Juga: Ranking Pesepak Bola Aktif Terkaya 2022

Berikut daftar 40 Perusahaan Terkaya yang dirangkum Redaksi Mediusnews dari berbagai sumber:

1. Apple (Amerika Serikat/AS)
Perusahaan teknologi yang dikenal lewal produk iPhone dan komputer Mac ini masih menjadi pemuncak dengan market cap sebesar 2,65 triliun USD atau mencapai Rp 4,08 kuadriliun (Kurs 15.400 rupiah/USD).

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X