• Senin, 26 September 2022

Seru, Ini 10 Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:23 WIB
Film Soekarno (Dok. Pikiran Rakyat)
Film Soekarno (Dok. Pikiran Rakyat)

MEDIUSNEWS - Bulan Agustus identik dengan perayaan kemerdekaan Indonesia. Menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia, kita kembali mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

Sejarah perjuangan Revolusi Kemerdekaan Indonesia selalu menarik untuk dicermati. Beberapa kisah diantaranya diangkat dalam layar lebar, mengajak generasi bangsa untuk cinta Tanah Air.

Medius merangkum 10 film bertemakan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang tidak kalah seru dengan film-film sejarah di luar negeri. Berikut 10 film perjuangan kemerdekaan Indonesia yang heroik, epik dan tentunya seru!

1. Lewat Djam Malam
Rilis: 1954
Sutradara: Usmar Ismail
Penulis: Asrul Sani
Pemeran: Achmad Nungcik Alcaff, Netty Herawati, Awaludin, Dhalia dan R.D. Ismail
Durasi: 101 menit
Rating IMDb: 7,2 dari 10

Film bergenre drama ini mengisahkan kondisi Indonesia yang baru saja memproklamasikan kemerdekaannya. Belanda melalui agresi militernya ingin kembali menjajah Indonesia. Masa itu, tentara Indonesia masih berusaha menguasai keadaan dan melakukan jam malam di Kota Bandung.

Meraih penghargaan Film Terbaik FFI 1955 dan aktor A.N. Alcaff meraih aktor terbaik. Film ini kembali direstorasi pada 2012. Dalam restorasi ini terdapat nama sutradara kenamaan dunia, Martin Scorsese. Dan diputar dalam ajang Festival de Cannes 2012 di Cannes, Prancis.

2. Janur Kuning
Rilis: 1979
Sutradara: Alam Surawidjaja
Pemeran: Kaharuddin Syah, Deddy Sutomo, Dicky Zulkarnaen, Pupung Harris dan Pujono Surya Triono
Durasi: 180 menit
Rating IMDb: 7,6 dari 10

Menceritakan perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya dari agresi militer Belanda. Latar belakang film tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949, yang menampilkan tokoh Soeharo, Jenderal Sudirman dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Janur kuning merupakan tanda yang dikenakan para pejuang kemerdekaan.

Baca: 10 Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nenek Gala Sky Sedih Kena Hujat Warga Net, Ada Apakah?

Sabtu, 17 September 2022 | 05:25 WIB

Lima Pertunjukan The Beatles yang Tidak Terlupakan

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X