• Rabu, 7 Desember 2022

Kata dan Frasa Paling Dicari di Google pada 2021

- Rabu, 29 Desember 2021 | 12:56 WIB
Google in Search 2021. Foto: YouTube/Google
Google in Search 2021. Foto: YouTube/Google

MEDIUSNEWS - Google adalah buku pintar kontemporer. Mesin pencari (search engine) ini telah menjelma menjadi rujukan informasi utama manusia abad ini. Google juga bisa disebut sebagai kantor berita atau perusahaan media terbesar yang menyajikan informasi peristiwa dan data lengkapnya.

Maka tak heran bila warga +62 kerap menyebutnya dengan istilah Mbah Gugel, suatu personifikasi untuk orang pintar.

Setiap tahun, perusahaan yang berpusat di Mountain View, California, Amerika Serikat ini selalu menyajikan data terkait tren pencarian masyarakat global melalui mesin pencarinya. Data tersebut dapat dilihat pada laman Year in Search atau pada akun YouTube Google dengan judul yang sama.

Baca Juga: 10 Pamen Polri Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang Satu, Kapolda NTT dan NTB Jadi Jenderal Bintang Dua

Pada 2021, pencarian melalui Google tentu tak lepas dari konteks peristiwa utama yang terjadi dua tahun terakhir. Pandemi Covid-19 tentu saja paling berpengaruh pada kehidupan manusia. Itu terbaca dari tren kalimat populer di mesin pencari Google. Perhatian pada aspek kesehatan menjadi yang utama bagi warga dunia alias global citizen, termasuk warga RI.

Pencarian paling populer dalam tiga bahasa menunjukkan fakta tersebut. How to heal (Bahasa Inggris), Como Sanar (Bahasa Spanyol), Cara Pemulihan/Penyembuhan (Bahasa Indonesia) menjadi frasa yang paling banyak dicari di Google pada 2021.

Selain kalimat tersebut, Google juga mencatat sejumlah pencarian populer lain terkait pandemi Covid-19 sepanjang 2021. Lockdown dan vaksin menjadi pencarian populer berikutnya.

Baca Juga: Kilas 2021: Pertumbuhan Sektor Infokom di atas Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Dampak pandemi pada kesehatan mental juga terbaca dari pencarian populer di Google. Maka pertayaan seputar kesehatan mental dan motivasi hidup mengalami tren meningkat di 2021. Bagamaina cara mempertahankan kesehatan mental? Bagaimana untuk tetap kuat? Bagaimana cara untuk bertahan hidup? adalah sejumlah pertanyaan yang ikut populer di Google.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Direktur IMF: 345 Juta Orang Sedang Alami Krisis Pangan

Selasa, 15 November 2022 | 15:45 WIB

Kemlu Pers Rilis Ledakan Bom di Taksim Turki

Senin, 14 November 2022 | 16:32 WIB

Joe Biden Tiba di Indonesia Disambut Tarian Khas Bali

Senin, 14 November 2022 | 07:35 WIB
X