• Minggu, 26 Juni 2022

Kepala Intelijen Kazakhstan Ditahan dan Diberhentikan dengan Alasan Pengkhianatan

- Minggu, 9 Januari 2022 | 10:26 WIB
Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev. Foto: TASS
Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev. Foto: TASS

MEDIUSNEWS - Komite Keamanan Nasional (KNB) yang merupakan badan intelijen dan keamanan Kazakhstan pada Sabtu, 8 Januari waktu setempat, mengumumkan penangkapan Karim Massimov. Penangkapan terjadi pada 6 Januari 2021.

“Dengan dugaan melakukan kejahatan ini (pengkhianatan), mantan Kepala KNB, KK Massimov telah ditahan dan ditempatkan di rumah tahanan bersama yang lain," tulis pernyataan resmi KNB sebagaimana dikutip The Guardian.

Tidak disebutkan pihak-pihak lain yang ikut ditahan bersama Massimov. KNB hanya mengumumkan, penahanan dilakukan setelah lembaga tersebut melakukan penyelidikan intensif.

Baca Juga: Lima Fakta Menarik Seputar Pemimpin Kazakhstan Nursultan Nazarbayev

Sehari sebelum ditahan (5/11), Massimov telah diberhentikan dari posisinya sebagai Kepala KNB. Dikutip dari The Diplomat, alasan penangkapan Massimov yang disebutkan KNB adalah pengkhianatan terhadap negara.

The Diplomat menulis, penangkapan Massimov membuat arah perpolitikan di Kazakhstan menjadi sulit diduga. Pasalnya. Massimov dan wakilnya, Samat Abish, dikenal sebagai loyalis mantan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev. Abish juga ikut dipecat bersama Massimov.

Massimov dua kali menduduki posisi Perdana Menteri Kazakhstan di era Presiden Nazarbayev. Dia kemudian dipercayakan untuk memimpin lembaga KNB yang merupakan peninggalan KGB di era Uni Soviet. Massimov selalu menemani kepemimpinan Nazarbayev selama hampir 30 tahun.

Baca Juga: Ironi di balik Kerusuhan Kazakhstan, Krisis Energi di Negara Kaya Migas Plus Batubara

Dia dipecat Presiden Kassym-Jomart Tokayev pada Rabu (5/1) setelah aksi demo berkembang menjadi kerusuhan massal dan anarkhi serta meluas ke berbagai wilayah di negara terluas ke-9 di dunia itu.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata dan Frasa Paling Dicari di Google pada 2021

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:56 WIB
X