• Selasa, 17 Mei 2022

Ribuan Warga Italia Berkumpul di Roma Memprotes Aturan Pembatasan Aktivitas Warga

- Senin, 17 Januari 2022 | 20:02 WIB
demonstrasi dan aksi protes terkait Covid merebak di sejumlah negara. Foto:  bidik layar YouTube/Crux
demonstrasi dan aksi protes terkait Covid merebak di sejumlah negara. Foto: bidik layar YouTube/Crux

 

MEDIUSNEWS - Ribuan warga Italia berkumpul di Roma, Ibukota Italia, memprotes pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah. Mereka menilai aturan yang diterapkan untuk mebatasi penyebaran Covid-19 varian Omicron tidak adil dan melanggar hak asasi manusia (HAM).

Dikutip dari Global News, Elisa Galleni, warga Forte dei Marmi yang ikut dalam aksi protes tersebut menilai, pemerintah Italia telah menerapkan aturan yang melanggar martabatnya sebagai manusia.

"Kami semua datang ke sini untuk meminta kembali hak dan martabat kami sebagai manusia," kata Elisa Galleni di Roma, Sabtu, 15 Januari 2022.

Baca Juga: NUSANTARA Jadi Pilihan Jokowi sebagai Nama Ibukota Baru

Salah satu kebijakan yang diprotes warga adalah pembatasan aktivitas di tempat publik bagi warga yang belum menjalani vaksinasi.

Para demonstran menilai aturan tersebut melanggar kebebasan karena siapa pun bebas untuk memilih untuk divaksin atau tidak. Hal itu antara lain disuarakan oleh Gianni Cucci, demonstran asal Arezzo.

"Siapa pun yang tidak mengikuti vaksinasi melakukan dengan bebas. Mereka (pemerintah) tidak dapat menghentikan saya untuk berangkat kerja atau melakukan aktivitas lain," ujar Gianni kepada Global News.

Sementara itu Stefania Del Re menilai vaksin tidak menghentikan penyebaran Omicron. Perempuan asal Roma ini berkesimpulan adalah keliru bila pemerintah melarang warga yang belum divaksin untuk beraktivitas. Itu artinya menyalahkan mereka atas penyebaran Omicron.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dijadwalkan Beroperasi Juni 2023

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Sumber: Global News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata dan Frasa Paling Dicari di Google pada 2021

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:56 WIB
X