• Selasa, 17 Mei 2022

Konflik Ukraina-Rusia Memanas, Kanada Terjunkan Pasukan Khusus ke Ukraina

- Selasa, 18 Januari 2022 | 19:36 WIB
Pasukan Rusia ditempatkan di perbatasan Ukraina. Foto: YouTube/Global News
Pasukan Rusia ditempatkan di perbatasan Ukraina. Foto: YouTube/Global News

MEDIUSNEWSKanada menerjunkan satu grup pasukan khusus ke Ukraina. Penempatan pasukan tersebut sebagai bagian dari personil NATO yang mengawal Ukraina dari ancaman penyerangan Rusia.

Selain itu, menurut Global News, pasukan khusus tersebut disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan evakuasi para diplomat serta pegawai kedutaan besar dan atase Kanada di Ukraina mengingat tensi pertikaian semakin memanas dengan pihak Rusia.

Pasukan dari negara-negara anggota NATO disiagakan untuk mengantisipasi pergerakan sekitar 100 ribu pasukan militer yang ditempatkan Vladimir Putin di perbatasan Ukraina.

Bersamaan dengan itu, Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal di Kiev, Ibukota Ukraina. Selain untuk membangun hubungan dagang, Global News menyebutkan, pertemuan tersebut merupakan bentuk nyata dukungan Kanada atas kondisi keamanan yang terjadi di Ukraina.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk datang ke sini dan untuk menunjukkan pesan kuat dari pemerintahan negara dan masyarakat kami," ujar Melanie Joly, Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Terduga Pelaku Penusukan Anggota TNI Bernama Baharudin, Berstatus DPO

Kanada telah menunjukkan dukungan pada Ukraina sejak Rusia menduduki Krimea yang sebelumnya menjadi bagian dari Ukraina.

Global News menyatakan Kanada telah mengeluarkan ratusan juta USD untuk memberikan latihan militer bagi pasukan Ukraina.

Kanada bersama Amerika Serikat, dan Inggris telah mengirimkan perwakilan senator masing-masing ke Ukraina pada Senin (17/1) untuk kembali menyatakan dukungan pada kedaulatan negara tersebut.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Sumber: Global News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata dan Frasa Paling Dicari di Google pada 2021

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:56 WIB
X