• Senin, 26 September 2022

Hadi Matar, Sosok Penusuk Salman Rushdie

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 05:53 WIB
Hadi Matar (kiri) tersangka penusuk Salman Rushdie (kanan) (Tangkapan layar YouTube)
Hadi Matar (kiri) tersangka penusuk Salman Rushdie (kanan) (Tangkapan layar YouTube)

MEDIUSNEWS - Kepolisian Negara Bagian New York menahan dan menetapkan Hadi Matar, 24, asal Fairview, New Jersey, sebagai tersangka penusuk penulis "The Satanic VersesSalman Rushdie.

Rushdie ditusuk saat di atas panggung dalam acara sastra di Chautauqua Institution, New York, Jumat, 12 Agustus 2022, pukul 11.00 pagi.

Melansir dari CNN, Sabtu, 13 Agustus, seorang saksi mata melihat Hadi Matar, mengenakan baju hitam berjalan cepat menyusuri lorong dan melompat ke atas panggung. Setelah itu, dia menusuk Rushdie antara 10 hingga 15 kali di bagian leher dan perut, sekitar 20 detik.

Aksi tersebut terekam dalam video dan foto-foto yang telah tersebar di media sosial. Rushdie sontak terbaring ke lantai. Penonton acara langsung memberinya bantuan medis. Baca: Salman Rushdie Ditusuk 10 hingga 15 Kali

Menurut New York Post, Matar dituduh "bersimpati kepada rezim Iran dan Garda Revolusi Islam Iran." Namun pihak berwenang belum mengkonfirmasi informasi itu.

Rushdie kemudian dilarikan dengan bantuan helikopter untuk menjalani operasi setelah serangan itu.

Meski motif penusukan belum dirilis, tetapi bukan rahasia lagi bahwa Rushdie telah lama hidup di bawah ancaman kematian karena bukunya The Satanic Verses dinilai menghina agama Islam.

Sementara itu, Dokter Martin Haskell, seorang dokter yang membantu Rushdie, mengatakan kepada Associated Press bahwa cedera Rushdie "serius tetapi dapat dipulihkan."***

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

Minggu, 11 September 2022 | 21:47 WIB

Ratu Elizabeth II dan Perubahan Dunia Penerbangan

Jumat, 9 September 2022 | 22:59 WIB

Dihajar Rusia, Ekonomi Ukraina Hancur 37 Persen

Kamis, 8 September 2022 | 23:56 WIB

Putin Saksikan Pemakaman Mikhail Gorbachev di Moskow

Senin, 5 September 2022 | 07:35 WIB
X