• Selasa, 17 Mei 2022

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Hot Strip Mill Ke-2 PT Krakatau Steel senilai Rp7,5 Triliun

- Selasa, 21 September 2021 | 12:26 WIB
Presiden Jokowi resmikan pabrik Krakatau Steel di Banten (Dok. DPR RI)
Presiden Jokowi resmikan pabrik Krakatau Steel di Banten (Dok. DPR RI)

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Hot Strip Mill (HSM) ke-2 milik PT Krakatau Steel Tbk, Selasa 21 September 2021 yang menelan biaya investasi hampir Rp7,5 triliun.

Proyek yang mulai dibangun sejak 2016 ini diharapkan dapat membantu kebutuhan besi baja untuk industri otomotir. Pabrik Hot Strip Mill 2 PT Krakatau Steel tersebut disebut merupakan pabrik baja pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan produk HRC dengan ketebalan di rentang 1,4 mm hingga 16 mm dan lebar mulai dari 600 mm hingga 1.650 mm.

Dilansir dari live streaming Youtube Sekretariat Presiden, Kepala Negara terlihat mengunjungi pabrik baja yang berada di Banten tersebut didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan, "Produk HRC ini akan digunakan untuk bisa otomotif ujungnya, karena ini merupakan kontrol power namanya. Ini proses pertamanya, jadi dibersihkan dulu mill scale, terus kemudian masuk ke dalam, ini ditipiskan, setelah ditipiskan masuk ke proses selanjutnya, di sini belum ada perubahan mekanik dari struktur bajanya, baru di sebelah sana baru di proses lagi."

Pabri Hot Strip Mill 2 mempunyai berkapasitas produksi 1,5 juta ton per tahun.

Mulai dibangun sejak 2016 lalu, pemerintah tercatat telah menggelontorkan dana investasi sebesar $521 juta dolar atau setara Rp 7,5 triliun.

Pabrik HSM 2 tersebut juga mampu menghasilkan produk baja HRC dengan spesifikasi tertentu.

Pabrik ini menambah lini produk PT Krakatau Steel dari HSM 1 Krakatau Steel yang sudah beroperasi sejak tahun 1983.

***

Halaman:

Editor: Catur Widi

Tags

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X