• Selasa, 17 Mei 2022

Ketua OJK Puji Kemajuan Teknologi Digital, Jokowi Sentil Masalah Fintech

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 00:00 WIB
Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso saat memberikan laporan penyelenggaraan OJK Virtual Innovation Day 2021, 11 Oktober 2021. (I More)
Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso saat memberikan laporan penyelenggaraan OJK Virtual Innovation Day 2021, 11 Oktober 2021. (I More)

MEDIUSNEWS - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar OJK Virtual Innovation Day 2021 atau Hari Inovasi Virtual OJK 2021. Acara itu menghadirkan Presiden Joko Widodo dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam laporannya, Wimboh Santoso, Ketua Komisioner OJK memaparkan tentang kemajuan teknologi digital yang menopang proses inovasi telah sangat membantu kehidupan banyak orang, termasuk di sektor layanan keuangan.

 "Karena di masa pandemi ini mempunyai momentum yang besar hadirnya digital dalam kehidupan pribadi, kehidupan sehari-hari maupun kebutuhan bisnis kita," ujar Wimboh, Senin, 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Kebutuhan Rumah Yang Aman, Layak dan Terjangkau Meningkat, Kadin, HPH dan Trisakti Angkat dalam Housing Forum

Kehadiran teknologi mengatasi masalah ruang dan waktu dalam memberikan layanan. Hal ini mendorong pertumbuhan teknologi berbasis digital dalam berbagai sektor.

Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai startup (usara rintisan) yang membuka layanan di berbagai bidang. Mulai dari edu-tech, agri-tech, health-tech, property-tech, hingga fintech dan e-Commerce, semuanya sudah dilayani startup teknologi.

"Saat ini telah terdapat 2.100 startup di Indonesia. Sampai September 2021 telah terdapat tujuh unicorn dan dua decacorn yang telah merambah ke pasar ASEAN," lanjut Wimboh.

Pertumbuhan startup teknologi tak lepas dari peran otoritas, lanjut Wimboh. Hal ini didorong oleh kebijakan OJK yang menerapkan kebijakan yang tidak membatasi tetapi sebagai pendorong pertumbuhan teknologi.

Baca Juga: Kalahkan Spanyol, Perancis Kampiun UEFA Nations League 2021

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X