• Rabu, 7 Desember 2022

Irwan Akan Dorong Percepatan PTSL dan Bank Tanah, Kemen ATR BPN Manfaatkan Digitalisasi Antisipasi Mafia Tanah

- Senin, 18 Oktober 2021 | 17:12 WIB
Irwan Ardi Hasman (dua dari kanan) bersama Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra (ketiga dari kiri) pada kegiatan sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin 18 Oktober 2021. (Foto: mediusnews.com)
Irwan Ardi Hasman (dua dari kanan) bersama Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra (ketiga dari kiri) pada kegiatan sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin 18 Oktober 2021. (Foto: mediusnews.com)

 

MEDIUSNEWS - Anggota Komisi II DPR RI Irwan Ardi Hasman menegaskan program nasional terkait pengurusan sertifikasi tanah pada Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus menuju Pembangunan Ekonomi Nasional atau PEN.

Karenanya menurut Irwan apabila PTSL sudah selesai khususnya di kota Bogor, maka Rancana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam membentuk Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW-nya nanti lebih mudah, pasalnya telah jelas lahan tersebut dan Pemkot mudah untuk membacanya, karena lahan tersebut sudah di kavling-kavling.

Demikian disampaikan Irwan Ardi Hasman saat menjadi narasumber pada program sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR BPN bersama Wakil Menteri ATR BPN Surya Tjandra di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin 18 Oktober 2021.

"Pemkot akan diuntungkan apabila PTSL ini selesai, bahkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena Pajak Bumi Bangunan (PBB) Ini akan dibayarkan tiap tahun," ujar Irwan Ardi Hasman.

Baca Juga: DPR Akan Dorong Hadirnya Bank Tanah, Irwan Ardi Hasman: UU Cipta Kerja Posisi Strategis Bagi Penggarap

Dia pun berharap PBB pertama Pemko Bogor dapat menggratiskan PBB kepada masyarakat, agar masyarakat tak terbebani. Hal itu dilakukan agar ada perhatian perekonomian masyarakat.

"Itu juga nanti dengan berputarnya uang lebih banyak di Bogor dengan mengangunkan sertifikat untuk usaha masyarakat, yang nantinya secara otomatis PAD nya juga naik," tutur Irwan.

Sebabnya Irwan Ardi Hasman mengharapkan Pemkot mendukung program ini, bahwa program Pemkot yang sudah dilakukan selama ini perlu juga di apresiasi, dengan harapan pihak Pemkot tidak lelah, untuk turun bersosialisasi mengenai PTSL, sekaligus mau menjemput bola.

"Meski program lainnya sudah dilakukan dilapangan, dan diharapkan ini berkelanjutan, seperti program one day servis kah, mal pelayanan publik kah, atau program Pemkot lainnya," ungkap wakil rakyat dari Fraksi Gerindra itu.

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kombes Susanto ke Ferdy Sambo: Jenderal Kok Bohong

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:30 WIB
X