• Minggu, 26 Juni 2022

Nadiem: 77 Persen Akui Pernah Saksikan Kekerasan Seksual di Kampus

- Selasa, 16 November 2021 | 14:55 WIB
Nadiem Makarim dan Cinta Laura menjadi tamu di program podcast Deddy Corbuzier. Foto: Tangkapan layar YouTube/Deddy Corbuzier.
Nadiem Makarim dan Cinta Laura menjadi tamu di program podcast Deddy Corbuzier. Foto: Tangkapan layar YouTube/Deddy Corbuzier.

MEDIUSNEWS - Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyebut kekerasan seksual di kampus ibarat fenomena gunung es. Di balik sejumlah kasus yang terkuak ke publik, terdapat lebih banyak kasus yang didiamkan.

Hal ini bisa terungkap dari hasil survei terkait kekerasan seksual di kampus. Hasil survei yang dilakukan terhadap para dosen itu ternyata sangat mencengangkan.

"77 persen dosen yang kita survei mengaku bahwa mereka telah melihat kekerasan seksual di dalam kampusnya sendiri," ungkap Nadiem saat menjadi tamu dalam program Podcast Deddy Corbuzier yang diunggah ke YouTube, Selasa (16/12/2021).

Baca Juga: Denny Siregar Ragukan Teguran Prabowo ke Fadli Zon

Dia mengungkapkan, isu tentang kekerasan seksual di kampus sudah dia dapatkan sejak pertama kali menduduki posisi menteri. Namun, data mencengangkan bahwa kekerasan tersebut sudah massif dan dasyat baru diketahui dari hasil survei tersebut.

Apalagi responden survei tersebut baru dari lingkup dosen. Jika responden dari kalangan mahasiswa, maka angka yang diperoleh bisa lebih dasyat lagi.

Yang patut disayangkan, sebagian besar kasus kekerasan seksual yang disaksikan para dosen yang disurvei malah dipetieskan atau didiamkan karena berbagai alasan.

"Dan dari 77 persen itu, 67 persen dari kasus itu bahkan katanya enggak dilaporkan sama sekali," sambung Nadiem.

Baca Juga: Jelang Superbike Mandalika, Pemerintah Gaspol Vaksinasi di NTB

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil: Eril Diduga Alami Kram

Selasa, 7 Juni 2022 | 16:41 WIB
X