• Selasa, 17 Mei 2022

UKW Angkatan ke 53 PWI Jaya, Dari 29 Peserta 26 Dinyatakan Kompeten

- Kamis, 13 Januari 2022 | 13:41 WIB
Peserta UKW ke 53 PWI Jaya bersama Ketua PWI DKI Sayid Iskandarsyah  (Foto: Edward )
Peserta UKW ke 53 PWI Jaya bersama Ketua PWI DKI Sayid Iskandarsyah (Foto: Edward )

MEDIUSNEWS - Memasuki tahun 2022, sebanyak 29 wartawan dari berbagai media cetak dan online yang berasal dari berbagai daerah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke 53 melalui wadah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta.

UKW perdana PWI Jaya di tahun 2022 dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 12 - 13 Januari 2022 yang dibagi menjadi dua klaster Muda dan Utama, dari 29 peserta, 26 peserta dinyatakan kompeten, sementara tiga lainnya berkesempatan mengulang kembali minimal enam bulan ke depan.

Dengan tambahan 26 peserta kompeten dari UKW, jumlah keseluruhan wartawan kompeten secara nasional menjadi 14.585 orang, dari total 586 penyelenggaraan UKW.

“Setelah mengikuti UKW ini para peserta menjadi wartawan yang kompeten, dan wartawan yang harus mentaati kode etik dalam melakukan tugas jurnalistik,” ujar Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah saat menutup UKW, Kamis 13 Januari 2022.

Baca Juga: BI Balikpapan Apresiasi Wartawan Sebagai Media yang Efektif dalam Sosialisasi QRIS Bagi Masyarakat

Sayid menghimbau kepada para peserta UKW setelah dinyatakan kompeten untuk rajin membaca, dan memperluas wawasan, khususnya juga memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan berbagai peraturan terkait kaidah pemberitaan yang baik.

"Kriteria kompetensi wartawan yakni kesadaran, pengetahuan dan keterampilan, banyak baca sebagai bahan referensi, kami (penguji) pun setiap tahun melakukan literasi. Karena, kompetensi penguji diukur terus," tuturnya.

Bagi yang telah mengikuti UKW Muda maka akan naik menjadi madya dengan waktu 3 tahun, lalu 2 tahun mengikuti UKW utama.

"Dalam proses tiga tahun itu diukur kompetensinya untuk mengikuti UKW madya, lalu madya ke utama 2 tahun jadi totalnya 5 tahun. Untuk kebijakan kelas akselerasi, dibuka untuk tingkat pimpinan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X