• Selasa, 17 Mei 2022

NUSANTARA Jadi Pilihan Jokowi sebagai Nama Ibukota Baru

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:42 WIB
Desain kantor pusat pemerintahan di Ibukota Negara yang baru. Foto: bidik layar YouTube/Presiden Joko Widodo
Desain kantor pusat pemerintahan di Ibukota Negara yang baru. Foto: bidik layar YouTube/Presiden Joko Widodo

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo telah memilih nama untuk Ibukota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Nama pilihan Presiden Jokowi adalah Nusantara.

Hal ini disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dalam Rapat Panja IKN di gedung DPR RI, Senin, 17 Januari 2022.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat (14/1) lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” ungkap Suharso Monoarfa.

Dia menyebutkan, alasan pemilihan nama Nusantara karena istilah ini telah lekat dengan kepulauan Indonesia sejak dulu, termasuk di lingkup internasional.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dijadwalkan Beroperasi Juni 2023

Presiden, menurut Suharso, menilai nama Nusantara tergolong ikonik dan karena itu layak merepresentasikan Indonesia.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya telah mengundang berbagai pihak dan pakar untuk memilih nama yang tepat bagi calon IKN. Hasil penggodokan tersebut memunculkan sekitar 80 nama untuk IKN.

Beberapa nama yang sempat diusulkan, antara lain Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwi Pura, Wana Pura, dan Cakrawala Pura.

 "Ada sekitar 80 lebih nama yang diusulkan namun akhirnya dipilih Presiden yaitu Nusantara tanpa kata Jaya," kata Suharso.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X