• Selasa, 17 Mei 2022

Lewat Akun Instagram, Mahfud MD Berkomentar Soal Proyek Satelit Kemhan

- Senin, 17 Januari 2022 | 19:17 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Humas Kemenko Polhukam
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Humas Kemenko Polhukam

 

MEDIUSNEWS - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, dugaan adanya masalah dalam proyek satelit dalam lingkup Kementerian Pertahanan semakin mendapatkan kejelasan. 

Penelusuran kasus ini telah melibatkan banyak pihak, termasuk Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang melakukan Audit Tujuan Tertentu (ATT). Audit BPKP ternyata mengungkap adanya masalah dalam proses pengadaan satelit.

"Hasilnya ternyata ada pelanggaran peraturan perundang-undangan dan negara telah dan bisa terus dirugikan," kata Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD melalui akun Instagram pribadi @mohmahfudmd, Minggu, 16 Januari 2022.

Baca Juga: KKP Tetapkan Dua Kawasan Konservasi Baru di Jawa Barat dan di Sumatera Barat

Mahfud mengungkapkan, kasus ini juga telah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Karena itu, dia telah diperintahkan untuk memproses kasus ini secara hukum.

"Presiden juga meminta agar segera dibawa ke ranah peradilan pidana," tulis Mahfud.

Tidak hanya masalah pengadaan satelit, kasus ini pun mencakup operasional satelit, yaitu penyalahgunaan slot satelit dengan orbit 123 BT.

Selain telah melibatbak aparat penegak hukum, pihaknya akan terus mendukung proses pengumpulan bukti-bukti agar proses peradilan dapat memberikan sanksi tegas terhadap pihak-pihak yang telah merugikan negara.

"Saya putuskan untuk segera berhenti rapat melulu dan mengarahkan agar diproses secara hukum," unggah Mahfud.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X