• Selasa, 17 Mei 2022

DPR Minta Pemerintah Berhati-hati dalam Pelonggaran Syarat bagi Penumpang Penerbangan Domestik

- Selasa, 8 Maret 2022 | 16:06 WIB
Ilustrasi. Penumpang pesawat penerbangan Jawa-Bali tidak perlu lagi pakai hasil negatif tes PCR.  (Ayoindonesia.com/Audrian)
Ilustrasi. Penumpang pesawat penerbangan Jawa-Bali tidak perlu lagi pakai hasil negatif tes PCR. (Ayoindonesia.com/Audrian)

MEDIUSNEWS - Pemerintah belum lama ini mencabut kewajiban tes Covid-19 seperti swab antigen dan tes PCR pada perjalanan dalam negeri. Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen menilai, pemerintah perlu mengkaji serius dan hati-hati dalam pelonggaran tersebut. Terlebih, hal itu terkait dengan proses transisi status pandemi menjadi endemi.

“Memang di beberapa negara lain, sudah mulai melakukan transisi serta mencabut semua protokol kesehatan, namun konteks Indonesia sangat berbeda. Jadi, memang harus ada pertimbangan khusus, misalnya memaksimalkan penerima vaksin booster serta tetap menjaga protokol kesehatan untuk perjalanan," ujarnya Nabil Haroen dalam keterangan pers sebagaimana dikutip Parlementaria, Selasa, 8 Maret 2022.

Politisi PDI-Perjuangan ini pun mengapresiasi langkah pemerintah mencabut tes PCR dan antigen untuk perjalanan dalam negeri. Dia menilai bahwa keputusan itu membantu meringankan beban warga serta menggairahkan industri transportasi dan pariwisata.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-7, Aptrindo Banjir Ucapan Selamat dari Pejabat

"Namun, warga juga harus tetap menjaga protokol kesehatan dan tentu memakai masker dalam ruangan, atau dalam kendaraan," imbaunya. 

Legislator dapil Jawa Tengah V ini menambahkan, pemerintah seharusnya mendorong penyelesaian proses transisi dari pandemi menuju endemi sampai tuntas, baru melonggarkan aturan terkait dengan protokol kesehatan.

"Jangan sampai, kelonggaran yang ada justru memicu efek negatif baru. Jadi, perlu monitor secara detail dan terus menerus untuk memastikan bahwa pelonggaran ini aman," tutupnya.

Editor: I. More Ghale

Sumber: Parlementaria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X