• Selasa, 17 Mei 2022

Negarawan yang Merayakan Keberagaman, Sabam Sirait Pantas Jadi Pahlawan Nasional

- Jumat, 29 April 2022 | 19:31 WIB
Diskusi publik yang mengambil topik “Sabam Sirait  Politik Negarawan di Mata Lintas Tokoh Agama” pada Kamis 28 April 2022. Diskusi ini dibesut oleh Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia. (Istimewa)
Diskusi publik yang mengambil topik “Sabam Sirait Politik Negarawan di Mata Lintas Tokoh Agama” pada Kamis 28 April 2022. Diskusi ini dibesut oleh Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia. (Istimewa)

MEDIUSNEWS.COM – Jejak politik Sabam Sirait yang  berpulang pada Rabu, 29 September 2021, sangat membekas dan harus  diwariskan secara terus-menerus kepada generasi anak bangsa. Kata-kata Sabam Sirait yang menyerukan agar politisi menjadi negarawan merupakan salah satu yang membekas tersebut.

“Negarawan bukanlah jabatan, dan kita memerlukan negarawan lebih banyak lagi. Semua politisi harus menjadikan negarawan menjadi cita-cita utamanya. Syarat utamanya tidak boleh korupsi,” ujar Sabam pada suatu ketika.

Kata-kata ini merupakan bukti bahwa Sabam Sirait adalah tokoh yang penting dalam upaya mencetak negarawan mumpuni di masa depan.

“Karenanya itu kita perlu membahas figur Sabam Sirait sebagai negarawan dari perspektif lintas agama karena beliau merupakan tokoh nasional, sesepuh bangsa dan pemimpin rakyat yang perjuangkan terus-menerus untuk merawat keberagaman,” ujar Staf khusus Dewan Pengarah BPIP Benny Susetyo dalam acara diskusi publik yang mengambil topik “Sabam Sirait  Politik Negarawan di Mata Lintas Tokoh Agama” pada Kamis 28 April 2022. Diskusi ini dibesut oleh Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia.

Acara itu dihadiri antara lain oleh R.E Nainggolan, Mayjen Purnawirawan Wisnu Bawa Tenaya, Banthe Dhamma Subo Mahathera dan Ishaq Subhaidi Raqib  dari MUI.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Utara periode 2008—2010 R.E Nainggolan dalam pernyataannya menyatakan bahwa Sabam Sirait merupakan tokoh penting dan signifikan dalam upaya untuk senantiasa memberikan kontribusi aktif bagi Negara khususnya pengabdiannya dalam upaya menjaga dan merayakan keberagaman.

“Karena itu, katanya, sudah selayaknya Sabam Sirait diusulkan sebagai Pahlawan Nasional,” ujarnya.

Hal tersebut mendapat persetujuan berbagai tokoh masyarakat dari latar belakang berbeda. Ini membuktikan inklusifitas Sabam Sirait semasa hidup dalam kegiatannya untuk bekerja bagi Negara.

Baca Juga: Atasi Persoalan Minyak Goreng, Presiden Didorong Bentuk Badan Sawit

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X