• Selasa, 17 Mei 2022

Larang Ekspor CPO, KOBAR Dukung Langkah Presiden Jokowi

- Sabtu, 30 April 2022 | 13:11 WIB
Kebun kelapa sawit (CNBC Indonesia)
Kebun kelapa sawit (CNBC Indonesia)

MEDIUSNEWS.COM - Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) merespons kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang ekspor minyak sawit mentah CPO dan produk-produk turunannya.

Deklarator Nasional KOBAR, Sahat Martin Philip Sinurat berpendapat, kebijakan ini merupakan langkah yang harus ditempuh pemerintah untuk menekan lonjakan harga minyak goreng di Tanah Air.

Sebab, kata dia, persoalan kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng yang sudah berlangsung selama 4 bulan ini tak kunjung bisa terselesaikan.

"Tentunya sebelum ini sudah ada upaya-upaya kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Namun karena lonjakan harga masih belum bisa selesai, sehingga kemudian diambil kebijakan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng ini," kata Sahat dalam keterangannya, Jumat, 29 April 2022.

Dia mengaku, kebijakan pemerintah tersebut memang tidak dapat membuat senang semua orang.

"Tapi kita yakin dengan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah ini akan membuat stok bahan baku dan minyak goreng bisa melimpah dan mencukupi untuk kebutuhan dalam negeri," ujarnya.

Lebih lanjut, Sahat meminta para produsen dan pengusaha untuk segera menurunkan harga minyak goreng yang saat ini masih tinggi di pasaran.

"Kami meminta para produsen tidak lagi berspekulasi, tetapi mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan segera menurunkan harga minyak goreng. Sehingga kebijakan ini bisa berjalan dengan optimal," tuturnya.

Baca Juga: Sirojudin Abbas: Masih Ada Waktu Bagi Puan untuk Meningkatkan Elektabilitas

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X