• Selasa, 17 Mei 2022

Jokowi: 85,5 juta Warga, 23 Juta Mobil, 17 Juta Sepeda Motor Lakukan Perjalanan Mudik 2022

- Rabu, 4 Mei 2022 | 10:03 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Keraton Yogyakarta didampingi Sri Sultan Hamengkubuwono X.a (Lukas)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Keraton Yogyakarta didampingi Sri Sultan Hamengkubuwono X.a (Lukas)

MEDIUSNEWS -  Arus mudik tahun ini mencatatkan rekor tertinggi dalam angka keterlibatan warga maupun kendaraan. Hal ini memunculkan sejumlah kendala dalam perjalanan sebagaimana diprediksi sebelumnya.

"Setidaknya 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini," ungkap Presiden Joko Widodo seusai bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakara, Seni, 2 Mei 2022.

Salah satu masalah yang muncul, menurut Jokowi, terjadi di kawasan Pelabuhan Merak, Banten. Volume kendaraan yang hendak menyeberang ke Sumatera sangat besar, jauh di atas kapasitas dermaga maupun kapal penyeberangan. Alhasil antrean kendaraan mengular hingga tol.

“Memang volume kendarannya yang terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal yang ada. Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi,” ulas Jokowi.

Merujuk jumlah pemudik yang sangat besar, Presiden mengimbau warga masyarakat agar bisa kembali lebih awal. Demi kelancaran arus transportasi, Jokowi meminta warga tidak serempak pulang pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 7-8 Mei.

"Saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal. Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni,” harap Presiden.

Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Senin, 2 Mei 2022. Setelah itu, beliau memantau pelaksanaan salat Id di berbagai daerah.

Selanjutnya, Presiden berkesempatan melangsungkan silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X dan keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X