• Selasa, 17 Mei 2022

Jokowi Terbitkan Perpres Tambahan Tunjangan PNS Fungsional

- Rabu, 11 Mei 2022 | 18:06 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)


MEDIUS NEWS - Kabar gembira untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas sebagai pejabat fungsional karena akan ada tambahan tunjangan PNS fungsional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru menerbitkan 6 Perpres (Peraturan Presiden) tentang tambahan tunjangan PNS fungsional.

Dalam perpres itu disebutkan, tunjangan PNS fungsional pemerintahan akan diberikan dengan nominal yang terendah Rp 540 ribu dan  tertinggi sebesar Rp 1,87 juta sesuai dengan beban kerja masing-masing.

Baca Juga: Mobil Ferrari Milik Indra Kenz Akan disita Polri Dalam Kasus Binomo

Dalam Perpres 69 tahun 2022 yang diterbitkan oleh Jokowi mengatur tentang tunjangan jabatan fungsional penata kependudukan dan keluarga berencana.

Tunjangan itu akan diberikan kepada para PNS fungsional setiap bulannya. Adapun sumbernya, untuk pegawai pemerintah pusat di ambil dari APBN, sementara untuk abdi negara yang mengabdi di daerah sumbernya adalah APBD.

Adapun beberapa tunjangan PNS fungsional yang telah di atur dalam beberapa Perpres yang baru dirilis pemerintah pusat antara lain  Perpres nomor 70 tahun 2022 tentang tunjangan jabatan fungsional analis sumber daya manusia aparatur. Perpres nomor 72 tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur.

Baca Juga: Jaga Kebersihan, Penyakit Hepatitis Akut Bisa Menular Melalui Makanan dan Mulut

Kedua Perpres itu juga memiliki tunjangan yang sama dengan Perpres nomor 69 tahun 2022. Yakni terendah Rp 540 ribu dan tertinggi Rp 1,87 juta.

Sementara untuk Perpres Nomor 71 tahun 2022 tentang tunjangan jabatan fungsional pranata sumber daya manusia aparatur. Besaran tunjangan yang diberikan tiap bulannya mulai dari Rp 360 ribu dan tertinggi Rp 850 ribu.

Sedangkan Perpres nomor 79 tahun 2022 tentang tunjangan jabatan fungsional penyuluh pajak akan diberikan sebesar Rp 540 ribu dan yang paling tinggi sebesar Rp 1,38 juta.

Untuk Perpres yang terakhir adalah Perpres Nomor 80 Tahun 2022. Pemberian tunjangan PNS fungsional diberikan kepada asisten penyuluh pajak. Besaran yang diberikan adalah Rp 360 ribu dan tertinggi Rp 960 ribu.

Demikian informasi 6 Perpres yang diterbitkan oleh Jokowi pada 9 Mei 2022 tentang tunjangan PNS fungsional.***

Editor: Bivi Edward P

Sumber: jdih.setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Autokritik Puan untuk Kinerja Legislasi DPR

Sabtu, 30 April 2022 | 10:50 WIB
X