• Senin, 15 Agustus 2022

Pasca Kepulangan Jokowi dari Labuan Bajo, Aksi Penolakan Kenaikan Tarif Semakin Menguat

- Jumat, 29 Juli 2022 | 15:47 WIB
Leaflet berisi penolakan pelaku pariwisata atas rencana kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo tersebar di beberapa lokasi di Labuan Bajo, Manggarai Barat. (Andi K)
Leaflet berisi penolakan pelaku pariwisata atas rencana kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo tersebar di beberapa lokasi di Labuan Bajo, Manggarai Barat. (Andi K)

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri beberapa waktu lalu mengunjungi Labuan Bajo dan Pulau Rinca di Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), 21 Juli 2022. 

Dalam salah satu keterangan pers, Presiden Jokowi menyatakan dukungan atas kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo yang saat itu tengah menghadirkan polemik di antara pemangku kepentingan pariwisata Labuan Bajo.

Alih-alih meredakan polemik, friksi antara pemerintah dan pelaku usaha serta UMKM di Kebupaten Manggarai Barat, NTT, justru semakin meruncing setelah kehadiran Jokowi.

Aksi penolakan semakin massif. Elemen-elemen masyarakat yang menolak rencana penerapan tarif baru pada 1 Agustus 2022 pun semakin meluas, tak terkecuali dari tokoh agama dan pimpinan gereja Manggarai Raya, Keuskupan Ruteng.

Penolakan tidak hanya dilakukan dalam bentuk unjuk rasa. Dari sejumlah video yang beredar melalui media sosial dalam sepekan terakhir, penentangan pelaku pariwisata Manggarai diekspresikan dalam berbagai cara dan sarana.

Sejumlah event yang melibatkan pemerintah dimanfaatkan untuk mengungkapkan protes terhadap rencana Pemprov NTT untuk menaikan tarif masuk TNK. Dalam beberapa kesempatan, aksi protes menjurus ke arah bentrokan fisik.

 

 

Ada juga aksi protes pasif yang dilakukan para pelaku wisata di Labuan Bajo. Pada sejumlah kantor operator jasa wisata di salah satu destinasi pariwisata super prioritas itu tertempel leaflet berisi penolakan atas kenaikan tarif.

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:29 WIB

Ini 13 Proyek Strategis Nasional Baru

Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:08 WIB

Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Pidana Mati

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X