• Senin, 15 Agustus 2022

Terungkap Bisnis Apeng Bos Duta Palma Serobot Lahan Sawit Hingga Korupsi Rp 78 T Bersama Raja Thamsir Rahman

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:24 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin didampingi Jampidsus Febrie Ardiansyah (kiri) dan Kapuspenkum Ketut Sumedana (kanan) (Foto: Puspenkum Kejagung/mediusnews.com)
Jaksa Agung Burhanuddin didampingi Jampidsus Febrie Ardiansyah (kiri) dan Kapuspenkum Ketut Sumedana (kanan) (Foto: Puspenkum Kejagung/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi (SD) alias Apeng dan Raja Thamsir Rahman bekas Bupati Indragiri Hulu telah berstatus tersangka di kasus korupsi penyerobotan lahan sawit seluas 37.095 hektar yang ditaksir merugikan keuangan negara sebesar Rp 78 triliun.

Penetapan kedua tersangka oleh jaksa penyidik Kejaksaan Agung itu membuat berbagai pihak di periksa, termasuk adik, anak dan keponakan Apeng tak luput di garap oleh pihak Gedung Bundar dibawah komando Jampidsus Febrie Ardiansyah.

Adapun mereka dijadikan saksi dalam pemeriksaan pada Kamis 4 Agustus 2022, adalah SW yang merupakan adik tersangka selaku Direktur di berbagai perusahaan tersebut. Kemudian inisial AD anak dari tersangka Apeng yang merupakan Direktur di beberapa anak usaha milik Surya Darmadi.

Baca Juga: Ratusan Triliun Rupiah Duit Bisnis Sawit Mengalir ke Luar Negeri

Ikut diperiksa juga AF selaku Pengurus (logistik) PT DPN di Riau sekaligus keponakan tersangka Apeng. Kemudian inisial JRB selaku Staf Bagian Divisi Marketing & Trading PT Darmex Agro Group, dan DFS selaku Legal Humas Perkebunan di Indragiri Hulu.

Kapuspenkum Ketut Sumedana dalam keterangannya mengatakan mereka diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan korupsi dalam Kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT. Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu," kata Ketut dalam keterangannya.

Baca Juga: Atasi Persoalan Minyak Goreng, Presiden Didorong Bentuk Badan Sawit

Sebelumnya Jaksa Agung Burhanuddin menegaskan tersangka Apeng alias SD tidak hanya dikenakan pelaku korupsi tapi juga dijerat dengan UU Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU dalam dugaan penyerobotan lahan sawit oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu tersebut.

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:29 WIB

Ini 13 Proyek Strategis Nasional Baru

Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:08 WIB

Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Pidana Mati

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X