• Senin, 15 Agustus 2022

Kejagung Garap Aliran Uang Korupsi Apeng Bos Duta Palma Rp78 T Di Perkara Lahan Sawit Indragiri Hulu

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:47 WIB
Gedung Bundar Kejaksaan Agung (Foto: Puspenkum Kejagung)
Gedung Bundar Kejaksaan Agung (Foto: Puspenkum Kejagung)

MEDIUSNEWS - Uang sebesar Rp 78 triliun yang diduga di gasak oleh tersangka Apeng alias Surya Darmadi dan rekannya bekas Bupati Indragiri Hulu Raja Thamsir Rahman dalam perkara korupsi dan pencucian uang penyerobotan lahan sawit oleh PT Duta Palma seluas 37.095 hektar di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau mulai di telusuri oleh penyidik Gedung Bundar.

Dibawah kendali Jampidsus Febrie Ardiansyah yang dikomandoi Direktur Penyidikan Supardi telah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Diantara saksi yang diperiksa pada Jumat 5 Agustus 2022 adalah PA selaku kepala keuangan atau Head Accounting PT Duta Palma Nusantara berinisial PA, diduga terkait alur uang senilai puluhan triliun rupiah tersebut.

"Saksi PA diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu," ucap Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya, Jakarta.

Baca Juga: Terungkap Bisnis Apeng Bos Duta Palma Serobot Lahan Sawit Hingga Korupsi Rp 78 T Bersama Raja Thamsir Rahman

Selain itu, saksi lain yang diperiksa jaksa penyidik gedung bundar itu yakni MY selaku Staf Bagian Divisi Marketing & Trading PT Darmex Agro Group.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group," tutur Ketut.

juga mentersangkakan bekas Bupati Indragiri Hulu Raja Thamsir Rahman. Peran bekas Bupati itu diduga karena mempermudah dan memuluskan perizinan kegiatan usaha budidaya perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga: Ratusan Triliun Rupiah Duit Bisnis Sawit Mengalir ke Luar Negeri

Diantaranya kegiatan usaha pengolahan kelapa sawit maupun persyaratan penerbitan HGU kepada perusahaan-perusahaan dibawah perusahaan PT Duta Palma Group milik tersangka Surya Darmadi di Kabupaten tersebut.

Halaman:

Editor: Ichwan Prihantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:29 WIB

Ini 13 Proyek Strategis Nasional Baru

Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:08 WIB

Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Pidana Mati

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X