• Senin, 26 September 2022

Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Pidana Mati

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:58 WIB
Kasus Polisi Tembak Polisi, Fredy Sambo jadi Tersangka, Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana.  (Instagram divpropampolri)
Kasus Polisi Tembak Polisi, Fredy Sambo jadi Tersangka, Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana. (Instagram divpropampolri)

MEDIUSNEWS - Karier Irjen Ferdy Sambo sebagai polisi diperkirakan tamat. Jenderal bintang dua yang memiliki sederet pengalaman reserse dituduh menskenariokan terjadinya peristiwa tembak-menembak yang menewaskan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, pada 8 Juli 2022 di rumah dinasnya.

Irjen Ferdy Sambo bersama tiga orang anak buahnya dijerat Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati.

Ferdy dianggap menginstruksikan sendiri penembakan terhadap Brigadir J hingga tewas mengenaskan.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto mengungkapkan, Irjen Ferdy Sambo menginstruksikan tersangka Bharada Richard Eliezer melakukan penembakan. Aksi kejam itu disaksikan oleh tersangka Bripka Ricky Rizal dan tersangka KM.

"Penyidik menerapkan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto 55, 56 KUHP," kata Kabareskrim, dalam konferensi pers yang dipimpin Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.

"Ancaman maksimal hukuman mati, pidana seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun," sambung Komjen Agus. Baca: Kapolri: Timsus Akan Dalami Peran Sambo dalam Pembunuhan Brigadir J

Komjen Agus mengakui penyidikan perkara pembunuhan Brigadir J tidak mudah. Alasannya, terdapat ketidakprofesionalan yang dilakukan tim pada saat olah TKP awal dan hilangnya alat bukti.

Sementara istri Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi (PC) berstatus saksi dan bakal diperiksa oleh Timsus Polri.

Kapolri Sigit sebelumnya mengungkapkan berdasarkan hasil penyidikan tidak ditemukan fakta tembak-menembak di rumah dinas Kadiv Propam hingga menewaskan Brigadir J.

Halaman:

Editor: Muhammad Ari Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Ada Kebocoran 26 Juta Lebih Data Anggota Polri

Jumat, 23 September 2022 | 23:22 WIB

Komisi Yudisial: Banyak Sekali Aduan Soal Perilaku Hakim

Jumat, 23 September 2022 | 18:01 WIB
X