• Senin, 26 September 2022

Moeldoko Dorong Sorgum Sebagai Sumber Alternatif Pangan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:02 WIB
Wartawan Mediusnews Bivi Edward Panggabean dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (KSP)
Wartawan Mediusnews Bivi Edward Panggabean dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (KSP)

MEDIUSNEWS - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan sorgum adalah sumber pangan di masa depan, karena dapat diolah menjadi berbagai turunan produk pangan dan memiliki rasa yang enak.

Moeldoko menjelaskan berbagai turunan produk pangan dari sorgum, antara lain kue, nasi goreng, bubur sumsum, hingga jajanan ringan, seperti pisang goreng yang crispy dan gurih.

"Semua makanan ini diolah dari sorgum. Saya sudah cicipi semua, rasanya enak dan lezat. Mulai sekarang pindah ke sorgum. Jangan ragu-ragu lagi. Sorgum jawaban sumber pangan masa depan," kata Moeldoko ketika dijumpai wartawan Mediusnews Bivi Edward Panggabean di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2022.

Menurut Moeldoko, kandungan sorgum lebih sehat dan cocok dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang melakukan diet. Lanjut dia, sorgum memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan gula cukup rendah. Baca: Presiden Joko Widodo Perintahkan Kementan Menfasilitasi Penanaman Kelapa Gejah Dan Tanaman Sela di Boyolali

Sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko menjelaskan saat ini Pemerintah Indonesia sedang mendorong pemanfaatan sorgum sebagai alternatif pangan dan pengganti gandum.

Ikhtiar tersebut untuk mencukupi pangan dalam negeri, terlebih harga gandum mengalami kenaikan karena dampak perang Rusia dan Ukraina.

Moeldoko mengungkapkan, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mulai mengembangkan 15 ribu hektar tanaman sorgum. Tahun 2023, pengembangan sorgum akan terus diperluas dari 40 ribu hektar menjadi 50 ribu hektar.

Pemerintah juga sedang menyiapkan ekosistem sorgum agar masyarakat tertarik menanam sorgum.***

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Ada Kebocoran 26 Juta Lebih Data Anggota Polri

Jumat, 23 September 2022 | 23:22 WIB

Komisi Yudisial: Banyak Sekali Aduan Soal Perilaku Hakim

Jumat, 23 September 2022 | 18:01 WIB
X