• Senin, 26 September 2022

Moeldoko: Budidaya Sorgum Penting untuk Antisipasi Krisis Pangan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:19 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Bivi Edward/Mediusnews)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Bivi Edward/Mediusnews)

MEDIUSNEWS - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan sorgum adalah alternatif pangan di masa depan. Karena itu, Pemerintah berikhtiar membudidayakan sorgum sebagai makanan alternatif pengganti nasi.

Untuk itu, Pemerintah berikhtiar membudidayakan sorgum di daerah kering dan yang sudah terbiasa menanam komoditas tersebut. Dan beberapa daerah di Indonesia, terutama di bagian timur cocok untuk budidaya sorgum.

Daerah-daerah tersebut antara lain, daerah bekas tambang seperti di Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi hingga Nusa Tenggara Timur.

"Pembudidayaan sorgum penting dilakukan untuk mengantisipasi krisis pangan menyusul kondisi ketidakpastian global saat ini," ujar Moeldoko kepada wartawan Mediusnews, Bivi Edward di Kantor Staf Presiden, Jumat, 12 Agustus 2022.

Bahkan lanjut dia, sejatinya masyarakat Jawa sudah lama mengenal sorgum sebagai bahan pangan utama. Kondisi itu dibuktikan dengan adanya ukiran sorgum pada relief Candi Borobudur. BacaMoeldoko Dorong Sorgum Sebagai Sumber
Alternatif Pangan

Hanya saja, ekosistem sorgum belum terbangun di Indonesia. Industrinya pun belum disiapkan dengan baik sehingga masyarakat tidak tertarik menanam sorgum secara massal.

"Oleh karena itulah, melihat juga perkembangan global seperti saat ini, Presiden menekankan kita harus menanam apa saja dan mengembangkan pangan alternatif. Bahkan, pemerintah juga berkeinginan membuat peta jalan perkembangan sorgum di Indonesia," tandasnya.

Moeldoko menjelaskan, budi daya tanaman sorgum memiliki banyak keuntungannya. Salah satunya tahan hama. Sorgum juga bisa dipanen hingga beberapa kali. Sedangkan batangnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku gula lantaran mengandung etanol dan dapat digunakan untuk pakan ternak. Bulirnya bisa untuk nasi dan tepung yang menjadi bahan untuk berbagai makanan.

Menurut Moeldoko, sorgum memiliki banyak fungsi baik untuk kebutuhan manusia maupun hewan. Dirinya sudah berdiskusi dengan pabrik pakan ternak terbesar di Tanah Air bahwa kebutuhan jagungnya mencapai 10 juta ton. Sedangkan 10 persen dari kebutuhan jagung itu diberikan untuk sorgum.***

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Ada Kebocoran 26 Juta Lebih Data Anggota Polri

Jumat, 23 September 2022 | 23:22 WIB

Komisi Yudisial: Banyak Sekali Aduan Soal Perilaku Hakim

Jumat, 23 September 2022 | 18:01 WIB
X