• Senin, 26 September 2022

Dukung Alternatif Pangan, Moeldoko Nikmati Olahan Tanaman Sorgum

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:28 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menghadiri Festival Sorgum di SMK PGRI 2 Kudus Jawa Tengah. (Randy Putra Nugraha/KSP)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menghadiri Festival Sorgum di SMK PGRI 2 Kudus Jawa Tengah. (Randy Putra Nugraha/KSP)

MEDIUSNEWS - Pemerintah fokus dan bertekad mengembangkan alternatif pangan ditengah gejolak global saat ini. Salah satunya dengan mengadakan Festival Sorgum di Kudus, Jawa Tengah.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menghadiri dan menyatakan kekagumannya saat para siwa SMK PGRI 2 Kudus, berkreasi mengolah tanaman sorgum menjadi aneka makanan.

Selain menyaksikan proses kreasinya, Moeldoko juga menikmati berbagai varian kuliner yang menggunakan sorgum sebagai bahan dasarnya. "Semua makanan ini diolah dari sorgum. Ini membuktikan sorgum ternyata bisa menjadi alternatif makanan selain beras, baik itu dibikin tepung atau lainnya. Saya sudah cicipi semua. Rasanya enak dan lezat,” kata Moeldoko dalam siaran resmi KSP yang diterima Mediusnews, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca: Moledoko: Sorgum Memiliki Banyak Keuntungan untuk Masyarakat

"Sudah mulai sekarang pindah ke Sorgum. Jangan ragu-ragu lagi. Sorgum jawaban sumber pangan masa depan," tegasnya.

Moeldoko menambahkan bahwa kandungan sorgum lebih sehat. Apalagi jika dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang melakukan diet. Sebab, kandungan karbohdirat, kalori, dan gula di dalam sorgum cukup rendah.

“Kalau tepung atau nasi biasa kandungan gulanya dua puluh dua persen, sorgum dua persen. Ini sangat sehat dan cocok untuk diet,” terangnya.

Moeldoko yang juga Ketua Umum HKTI ini menegaskan, pemerintah Indonesia saat ini mendorong pemanfaatan sorgum sebagai alternatif pangan dan pengganti gandum. Upaya ini untuk mencukupi pangan dalam negeri. Apalagi dampak dari perang Rusia dan Ukraina membuat harga gandum mengalami kenaikan.

Moeldoko mengungkapkan, tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan 15 ribu hektar tanaman sorgum. Dan tahun 2023, pengembangan sorgum akan terus diperluas dari 40 ribu hektar menjadi 50 ribu hektar.

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Ada Kebocoran 26 Juta Lebih Data Anggota Polri

Jumat, 23 September 2022 | 23:22 WIB

Komisi Yudisial: Banyak Sekali Aduan Soal Perilaku Hakim

Jumat, 23 September 2022 | 18:01 WIB
X