• Senin, 26 September 2022

Tujuh Makna Logo HUT 77 RI, Sinergi Menuju Indonesia Maju

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:27 WIB
Kompilasi gambar dan makna dari logo HUT ke-77 Republik Indonesia. (setneg.go.id)
Kompilasi gambar dan makna dari logo HUT ke-77 Republik Indonesia. (setneg.go.id)

MEDIUSNEWS - Bangsa Indonesia sebentar lagi akan memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Tahun ini, Kementerian Sekretariat Negara memutuskan tema HUT ke-77 Republik Indonesia adalah 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'. Tema ini dipilih karena sudah melampaui kondisi Covid 19.

Tema ini mereflesikan daya juang dan semangat pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

Logo resmi HUT ke-77 Republik Indonesia memiliki dua variasi warna, merah dan putih sesuai dengan warna bendera Indonesia. Adapun logo ini memiliki tujuh makna, sebagai berikut:

1. Dua panah ke atas, yang bermakna percepatan dan pergerakan. Bentuk angka 77 menyerupai dua anak panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

BacaSeru, Ini 10 Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

2. Dua anak tangga, yang bermakna progres dan pembangunan. Bentuk dua garis mendatar yang membentuk anak tangga sebagai representasi progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian atas terpotong, bermakna demokrasi dan keterbukaan. Bentuk tersebut menggambarkan keterbukaan Bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia saat ini.

4. Garis miring dan sudut runcing, bermakna semangat juang dan Garuda Pancasila. Bentuk ini terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, sekaligus melambangkan semangat juang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Ada Kebocoran 26 Juta Lebih Data Anggota Polri

Jumat, 23 September 2022 | 23:22 WIB

Komisi Yudisial: Banyak Sekali Aduan Soal Perilaku Hakim

Jumat, 23 September 2022 | 18:01 WIB
X