• Rabu, 7 Desember 2022

Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:47 WIB
Upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 petang. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 petang. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang digelar di halaman Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022 petang. Upacara ini mengakhiri rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara penurunan bendera Merah Putih dilakukan oleh Tim Pancasila Sakti Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Adapun komandan upacara penurunan bendera adalah Kolonel (Penerbang) Agni Prayogo, yang saat ini menjabat Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah AKP Yaumil Hendityo, yang saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri. Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya bertindak sebagai Perwira Upacara pada petang hari ini.

Baca: Profil Andike Sri Mutia Perwira Angkatan Laut Didaulat Jadi Komandan Upacara 17 Agustus 2022

Tim Pancasila Sakti yang bertugas adalah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili provinsi Sulawesi Tenggara. Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili provinsi Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili provinsi Jawa Tengah.

Setelah diturunkan, bendera dilipat lalu diserahkan kepada Ayumi Putri Sasaki, anggota Pasikbaraka dari Jawa Timur yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Ayumi lalu membawa bendera yang ditaruh di baki dan menyerahkannya kepada Jokowi sebelum dibawa menuju Monumen Nasional.

Beberapa pejabat tampak hadir dalam upacara penurunan bendera pada petang ini. Diantaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Juga beberapa menteri di Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.***

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Perusahaan Terkaya di Dunia 2022

Rabu, 7 Desember 2022 | 04:46 WIB

Kombes Susanto ke Ferdy Sambo: Jenderal Kok Bohong

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:30 WIB
X