Seorang Ayah Curi HP Untuk Anaknya Belajar Online, Dibebaskan Berdasarkan Keadilan Restoratif

- Minggu, 11 September 2022 | 18:08 WIB

MEDIUSNEWS - I Kadek Juliawan alias Kadek adalah seorang ayah yang terpaksa melakukan perbuatan tindak pidana pencurian berupa handphone (HP) merek Vivo tipe Y71 warna hitam untuk kebutuhan anaknya untuk belajar online, karena keadaan ekonomi yang memprihatinkan akhirnya dibebaskan dari tuntutan berdasarkan Restorative Justice (Keadilan Restoratif) yang disetujui oleh Kejaksaan Agung RI.

 

"Maka dengan dihentikannya penuntutan, I Kadek Juliawan alias Kadek tidak perlu lagi menjalani proses persidangan dan statusnya sebagai Tersangka tidak lagi melekat dalam namanya, serta dapat kembali berkumpul bersama keluarga tercinta," ucap Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana kepada wartawan di Jakarta, Minggu 11 September 2022.

 

Menurut Kapuspenkum, I Kadek Juliawan alias Kadek adalah seorang ayah dan istrinya merupakan ibu rumah tangga, serta menjadi tulang punggung keluarga. Demi menghidupi keluarga kecilnya, Kadek harus bekerja sebagai buruh kayu dengan penghasilan tak menentu.

 

"Suatu ketika, Kadek harus membelikan sang anak sebuah handphone untuk belajar online, namun karena kondisi ekonomi yang memprihatinkan, membuat Kadek terpaksa melakukan tindak pidana pencurian," ujarnya. 

 

Kapuspenkum menjelaskan, kejadian berawal pada 18 Mei 2022 sekitar pukul 17:00 WITA bertempat di Jl. Pondokan Pangsut Tiga, Desa Tiga Kecamatan Susut Kabupaten Bangli, Kadek melihat sebuah handphone merk Vivo tipe Y71 warna hitam dengan ciri-ciri warna hijau dan pada layar tidak begitu jelas milik korban I Gusti Nyoman Sudana tergeletak di pinggir jalan.

Halaman:

Editor: Muhammad Shiddiq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X