• Rabu, 7 Desember 2022

Tersangka Sudrajad Dimyati, Hakim Agung yang Tangani Perkara Bareng Kakak Ganjar Pranowo

- Jumat, 23 September 2022 | 20:18 WIB
Tersangka Sudrajad Dimyati, Hakim Agung yang Tangani Perkara Bareng Kakak Ganjar Pranowo (Foto: Tangkaplayar YouTube KPK)
Tersangka Sudrajad Dimyati, Hakim Agung yang Tangani Perkara Bareng Kakak Ganjar Pranowo (Foto: Tangkaplayar YouTube KPK)

MEDIUSNEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan 10 tersangka dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Mereka yang menjadi tersangka itu salah satunya merupakan Hakim Agung Kamar Perdata pada MA Sudrajad Dimyati.

Sudrajad Dimyati diduga menerima suap senilai Rp 800 juta dalam pengurusan perkara kasasi pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana. Setelah menjadi tersangka, Dimyati lantas mendatangi Gedung KPK pada Jumat 23 September 2022. Dia ditemani beberapa orang dan langsung menuju lobi Gedung KPK.

Setelah diperiksa, KPK resmi menahan Hakim Agung Sudrajad Dimyati. Pantauan berbagai media massa menunjukkan Hakim Agung MA itu turun dari ruang pemeriksaan dengan menggunakan rompi oranye dengan tangan diborgol.

Baca Juga: Komisi Yudisial: Banyak Sekali Aduan Soal Perilaku Hakim

Menurut perwakilan MA yaitu Ketua Kamar Pengawasan Zahrul Rabain, jika aparatur pengadilan sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, maka MA akan mengeluarkan surat pemberhentian sementara. Karena itu, status Sudrajad Dimyati saat ini resmi diberhentikan sementara dari MA karena menjadi tersangka dan ditahan oleh KPK.

Setelah penetapan tersangka ini, ramai-ramai media massa menelusuri rekam jejak Sudrajat Dimyati. Karena itu, jejak masa lalunya terkait dengam skandal “lobi toilet’ di Gedung DPR RI ketika mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung pada 2013 kembali diungkap.

Baca Juga: Segini Besaran Jatah Lima Penerima Suap di Tubuh MA dalam Penanganan Perkara KSP Intidana

Meski ketika itu Sudrajat Dimyati gagal menjadi hakim agung karena skandal tersebut, tetapi ia disebut tidak terbukti melanggar kode etik kehakiman sehingga masih berpeluang mencalonkan diri menjadi hakim agung.

Wartawan Mediusnews mencoba menelusuri kasus pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana yang melibatkan Sudrajad Dimyati sebagai Hakim Agung dalam perkara itu sebagaimana yang diungkapkan Ketua KPK Firli Bahuri. Setelah dicek melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Niaga (PN) Semarang, maka kasus pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana di tingkat kasasi telah diputus pada 6 Oktober 2020.

Halaman:

Editor: Kristian Ginting

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kombes Susanto ke Ferdy Sambo: Jenderal Kok Bohong

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:30 WIB
X