Jaksa Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi Ekspor Daging Sapi dan Rajungan dari PT Surveyor Indonesia

- Jumat, 2 Desember 2022 | 03:57 WIB
Jaksa Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi Ekspor Daging Sapi dan Rajungan dari PT Surveyor Indonesia (Foto: Puspenkum Kejagung/mediusnews.com)
Jaksa Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi Ekspor Daging Sapi dan Rajungan dari PT Surveyor Indonesia (Foto: Puspenkum Kejagung/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Tim Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) menetapkan dan melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka dalam perkara dugaan korupsi Skema Kredit Ekspor Berbasis Perdagangan (SKEBP) daging sapi dan rajungan pada PT Surveyor Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis 01 Desember 2022.

"Dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi kegiatan Skema Kredit Ekspor Berbasis Perdagangan (SKEBP) daging sapi pada PT Surveyor Indonesia, ditetapkan satu orang Tersangka, yaitu BI selaku Direktur Operasi PT Surveyor Indonesia periode 2016-2018," kata Ketut Sumedana.

Baca Juga: Perintah Jaksa Agung, Kajari Medan Wahyu Sabrudi dan Jaksa Asepte Ginting Sambangi Kelurahan Tembung, Ada Apa?

Salain itu, lanjut Ketut Sumedana, BI juga ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi SKEBP rajungan pada PT Surveyor Indonesia, bersama AN selaku Kepala Sektor Bisnis PIK PT Surveyor Indonesia periode 2016-2018.

Ketut Sumedana menjelaskan, peran dari tersangka BI dan tersangka AN yakni dengan secara melawan hukum telah bekerja sama merealisasikan kegiatan SKEBP daging sapi dan rajungan yang tidak memenuhi kaidah ketentuan perusahaan.

"Dan menjadikan PT Surveyor Indonesia sebagai jaminan (guarantor) untuk Bill of Exchange (BOE) atas kegiatan bisnis ilegal yang dilakukan oleh para tersangka sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara," tambahnya.

Baca Juga: Kejaksaan Agung Periksa Jaksa PA Diduga Peras Pengusaha Rp10 Miliar yang Sempat Viral di Medsos

Untuk kepentingan penyidikan, Kejaksaan Agung kemudian melakukan penahanan tergahap kedua tersangka perkara dugaan korupsi SKEBP daging sapi dan rajungan tersebut.

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X