Jokowi Tinjau Langsung Lokasi Dibangunnya 200 Rumah Tahan Gempa di Cianjur

- Senin, 5 Desember 2022 | 17:55 WIB
Jokowi Tinjau Langsung Lokasi Dibangunnya 200 Rumah Tahan Gempa di Cianjur (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Jokowi Tinjau Langsung Lokasi Dibangunnya 200 Rumah Tahan Gempa di Cianjur (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

MEDIUSNEWS - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung tempat yang menjadi rekolasi pertama warga terdampak gempa Cianjur yang akan dibangun 200 rumah tahan gempa, Senin 5 Desember 2022.

Pada kesempatan ini, Jokowi sekaligus meninjau progres pembangunan rumah tahan gempa di lokasi yang berada di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini.

“Ya, ini adalah lokasi untuk relokasi yang pertama. Di sini segera dibangun kurang lebih 200 rumah. Contohnya sudah ada, yang rumah antigempa,” kata Jokowi setelah melakukan peninjauan. Dikutip dari situs resmi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Dampak Gempa di Ponpes Darul Falah Cianjur, Sang Kiai Harap Bawa Berkah Bagi Masyarakat

Selain di Desa Sirnagalih, Jokowi menjelaskan, pemerintah juga menyiapkan pembangunan 1.600 rumah tahan gempa di lokasi lainnya. Relokasi sendiri diprioritaskan bagi warga yang rumahnya berada di pusat gempa, terutama di Kecamatan Cugenang.

“Lokasi-lokasi [rumah] yang berada di center-nya gempa, utamanya di Cugenang, itu akan dipindahkan ke sini dan ke lokasi yang kedua tadi,” terang Jokowi.

Sementara itu, untuk rumah warga yang tidak direlokasi akan diberikan bantuan yang besarannya menyesuaikan tingkat kerusakan, masing-masing Rp50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang rusak ringan.

Baca Juga: Ini Strategi Besar Ekonomi Nasional ala Jokowi

“Yang rusak berat itu ada yang direlokasi ada yang tidak. Kalau tempatnya berbahaya, berada di garis patahan, garis sesarnya, itu yang dipindah. Kalau yang tidak, dibangun di tempat yang sama,” Jokowi menambahkan.

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X