Moeldoko Targetkan 2030 Indonesia Punya 9 Juta Talenta Digital, Tak Mau Kalah dari Malaysia dan Singapura

- Selasa, 6 Desember 2022 | 13:40 WIB
Moeldoko Targetkan 2030 Indonesia Punya 9 Juta Talenta Digital, Tak Mau Kalah dari Malaysia dan Singapura (Foto: Humas KSP/mediusnews.com)
Moeldoko Targetkan 2030 Indonesia Punya 9 Juta Talenta Digital, Tak Mau Kalah dari Malaysia dan Singapura (Foto: Humas KSP/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, salah satu kunci untuk menaikkan peringkat Indonesia pada World Talent Competitiveness Index, yaitu dengan banyak melahirkan talenta muda terutama di dunia digital. Terlebih, pemerintah saat ini tengah melakukan percepatan transformasi digital.

Peringkat Indonesia pada World Talent Competitiveness Index 2022 masih berada di urutan 51 dari 63 negara. Sementara negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, masing-masing sudah berada di peringkat 31 dan 4.

"Targetnya pada 2030, kita sudah memiliki sembilan juta SDM atau talenta digital di Indonesia," kata Moeldoko, pada acara Indonesia Digital Talent Day 2022, di gedung Krida Bhakti Jakarta, Selasa 6 Desember 2022.

Baca Juga: Moeldoko Minta BRIN Kembangkan Riset Sebagai Pendorong Terbentuknya Ekosistem Sorgum

Indonesia Digital Talent Day 2022 adalah ajang apresiasi terhadap peguruan tinggi, kementerian/kembaga, dan organisasi kepemudaan yang telah mengikuti Program Pelatihan Pengembangan 100 Ribu Digital Talenta Indonesia. Program tersebut merupakan kerja sama Kantor Staf Presiden dengan Huawei Indonesia, yang sudah berjalan sejak Oktober 2020.

"Dari program ini, sudah terlahir 71 ribu talenta digital. Program seperti ini harus terus didorong sehingga target 100 ribu talenta digital bisa diwujudkan," tegas Moeldoko.

Panglima TNI 2013-2015 ini menyampaikan, peningkatan dan pengembangan SDM Digital merupakan satu dari lima arahan Presiden Joko Widodo dalam percepatan transformasi digital. Di mana, lanjut dia, transformasi digital telah menjadi bagian penting dalam mengubah landscape perekonomian Indonesia terutama bagi sektor UMKM.

Baca Juga: Jadi Chef Dadakan, Ini Aksi Moeldoko Masak Nasi Goreng Berbahan Sorgum

Hingga Mei 2022, sudah ada 19 juta pelaku UMKM yang tergabung dengan ekosistem digital, dan ditargetkan menjadi 30 juta pada 2024.

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X