KPU Loloskan Partai Ummat dalam Verifikasi Administrasi Ulang di NTT dan Sulawesi Utara

- Senin, 26 Desember 2022 | 13:54 WIB
Sah! Inilah 17 Partai Politik Peserta Pemilu 2024
Sah! Inilah 17 Partai Politik Peserta Pemilu 2024

MEDIUSNEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meloloskan Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024 dalam verifikasi administrasi ulang di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara.

Lolosnya Partai Ummat dalam verifikasi administrasi ulang itu disampaikan oleh Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan pada Senin 26 Desember 2022. Selanjutnya Partai Ummat akan menjalani verifikasi faktual.

"Jadi prosesnya begini, penarikan sampel keanggotaan Parpol itu baru dapat dilakukan apabila hasil verifikasi administrasi persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu dinyatakan memenuhi syarat," terang Idham Holik.

Baca Juga: Sah! Inilah 17 Partai Politik Peserta Pemilu 2024

Dalam verifikasi faktual, lanjut Idham Holik, KPU telah melakukan penarikan sampel keanggotaan Partai Ummat pada Minggu sore 25 Desember 2022. Kemudian, selama tiga hari ke depan, KPU Kabupaten/Kota di NTT dan Sulawesi Utara akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Ummat.

"Hari ini, 26-28 Desember 2022, KPU Kabupaten/Kota di dua provinsi tersebut mulai melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Ummat berdasarkan data keanggotaan tersampel yang diberikan oleh KPU RI berdasarkan hasil penarikan sampel kemarin sore," jelas Idham Holik.

Sebelumnya, KPU menyatakan Partai Ummat tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2024. Partai Ummat kemudian mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca Juga: Sengketa Partai Ummat dan KPU Soal Peserta Pemilu 2024 Berujung Kesepakatan dalam Mediasi

Terkait gugatan itu, Bawaslu kemudian mempertemukan Partai Ummat sebagai pelapor dan KPU sebagai terlapor dalam mediasi yang berujung kesepakatan kedua belah pihak pada Selasa 20 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X