Gubernur Papua Ditangkap KPK, Ini Kata MAKI

- Selasa, 10 Januari 2023 | 14:56 WIB
Gubernur Papua, Lukas Enembe ditangkap KPK. Tampak Lukas Enembe tengah digelandang petugas (Istimewa)
Gubernur Papua, Lukas Enembe ditangkap KPK. Tampak Lukas Enembe tengah digelandang petugas (Istimewa)

MEDIUSNEWS - Gubernur Papua, Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pagi tadi, Selasa 10 Januari 2023. Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mengapresiasi. Ini pernyataan Koordinator MAKI, Boyamin Saiman.

Dalam pernyataan resminya yang diterima mediusnews, Selasa 10 Januari 2023, Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menyampaikan apresiasinya atas kinerja KPK yang sudah menangkap Lukas Enembe.

"Kami menyampaikan selamat kepada KPK atas keberhasilannya menangkap Lukas Enembe," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Papua Ditangkap KPK! Tangan Diborgol Digelandang ke Dalam Pesawat

Kinerja KPK yang sudah berhasil menangkap Lukas Enembe ini, lanjut dia, merupakan keberhasilan KPK, meski dalam hal ini banyak halangan dan rintangan, termasuk upaya dari massa untuk menghalang-halangi proses tersebut.

"Dan KPK termasuk cerdik untuk bisa menangkap Lukas Enembe pagi tadi. Karena saya mendengar informasi bahwa Lukas Enembe akan terbang ke Tolikara, dan seperti biasanya ketika mau terbang dia sarapan di rumah makan langganannya itu," lanjut Boyamin Saiman.

Boyamin menambahkan, meski KPK agak posisi melemah karena menangkap Lukas setelah semua teriak dan menganggap KPK tidak serius bahkan pimpinan KPK pernah berucap tak berani menangkap Lukas karena takut konflik horizontal dan lain sebagainya, namun itu merupakan sebuah keberhasilan.

Baca Juga: Jaksa Ajukan Banding Atas Putusan Perkara Korupsi Minyak Goreng, Opini MAKI dan Pengamat Tak Berefek

"Sikap KPK itu sempat menunjukan KPK jadi lemah dan ini melemahkan teman-teman di Papua yg ingin menegakkan hukum kepada Lukas Enembe. Harapan kami, KPK ke depan tidak melempem seperti ini, termasuk secepatnya menangkap Harun Masiku," katanya.

Halaman:

Editor: Moch Bayu Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X