Pilih Puan Maharani atau Ganjar Pranowo? Ini Saran Pakar Komunikasi Politik untuk PDIP

- Senin, 23 Januari 2023 | 12:28 WIB
Pilih Puan Maharani atau Ganjar Pranowo? Ini Saran Pakar Komunikasi Politik untuk PDIP (Foto: dpr.go.id/jatengprov.go.id/mediusnews.com)
Pilih Puan Maharani atau Ganjar Pranowo? Ini Saran Pakar Komunikasi Politik untuk PDIP (Foto: dpr.go.id/jatengprov.go.id/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Dua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ganjar Pranowo digadang-gadang menjadi kandidat terkuat calon presiden (Capres) di Pemilu 2024 yang akan diusung partai politik berlambang kepala banteng moncong putih itu.

Namun hingga kini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum juga mengumumkan siapa yang akan dipilih, Puan Maharani atau Ganjar Pranowo? Atau apakah mungkin ada sosok lain?

Melihat situasi dan kondisi yang ada, rasanya sangat kecil kemungkinan Megawati akan memilih sosok lain di luar nama tersebut. Karena secara prestasi, kedua nama tersebut layak disematkan sebagai kader-kader terbaik PDIP saat ini: Puan Maharani adalah Ketua DPR RI dan Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah dua periode.

Baca Juga: Ada Ide Megawati Maju Capres 2024 Agar Tak ada Fraksi Ganjar Panowo dan Puan Maharani

Belum juga diumumkannya siapa kandidat Capres yang akan diusung PDIP di Pemilu 2024, tampak seperti ada kebimbangan pada Megawati untuk memilih antara Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menanggapi hal itu, pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing berpendapat pilihan PDIP terkait Capres di Pemilu 2024 dapat dilakukan dengan mudah tergantung pada orientasinya. Ia mempunyai dua saran untuk PDIP.

Saran Pertama

Jika orientasinya pada perjuangan politik ideologi partai di internal partai dan politik ideologi kebangsaan untuk negeri, Emrus Sihombing menyarankan PDIP memilih Puan Maharani sebagai Capres yang akan diusung di Pemilu 2024.

"Sebab, Puan cucu ideologi dan cucu kandung Bung Karno. Karena itu, Puan dipastikan lebih memegang teguh ajaran Bung Karno tentang antara lain keberagaman, pluralitas, dan lebih berpihak kepada 'wong cilik' daripada sosok tertentu," kata Emrus Sihombing dalam opininya, Senin 23 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X