Dituduh Membunuh, Kuat Maruf Malah Akui Dirinya Bodoh dan Telah Dimanfaatkan Penyidik untuk Ikut BAP Bharada E

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:23 WIB
Dituduh Membunuh, Kuat Maruf Malah Akui Dirinya Bodoh dan Telah Dimanfaatkan Penyidik untuk Ikut BAP Bharada E (Foto: Tangkap layar YouTube PN Jaksel)
Dituduh Membunuh, Kuat Maruf Malah Akui Dirinya Bodoh dan Telah Dimanfaatkan Penyidik untuk Ikut BAP Bharada E (Foto: Tangkap layar YouTube PN Jaksel)

MEDIUSNEWS - Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kuat Maruf, mengakui dirinya bodoh saat membacakan nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa 24 Januari 2023.

Selain itu, karena kebodohannya tersebut, Kuat Maruf mengaku telah dimanfaatkan penyidik untuk mengikuti sebagian keterangan Richard Eliezer atau Bharada E yang tertuang dalam Berita Acara Penyidikan (BAP).

"Saya akui, Yang Mulia, saya ini bodoh. Saya dengan mudah dimanfaatkan oleh penyidik untuk mengikuti sebagian BAP dari Richard. Saya merasa bingung dan tidak mengerti dengan semua proses persidangan yang sedang berjalan," kata Kuat Maruf saat membacakan nota pembelaan atau pledoi.

Baca Juga: Simak Isi Nota Pembelaan atau Pledoi yang Dibacakan Kuat Maruf Lengkap dengan Kutipan Ayat Al Quran

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Kuat Maruf terbukti bersama-sama Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Richard Eliezer atau Bharada E, ikut melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Oleh karena itu, JPU menuntut Majelis Hakim PN Jaksel menjatuhkan hukuman pidana delapan tahun penjara kepada terdakwa Kuat Maruf.

Atas dakwaan dan tuntutan tersebut, Kuat Maruf kemudian menyampaikan pembelaanya.

Dalam nota pembelaan atau pledoi itu, Kuat Maruf berkali-kali menyatakan dirinya bingung dan tidak mengerti dengan apa yang telah terjadi begitu juga dengan jalannya persidangan.

Baca Juga: Makna Ayat Al Quran Surah Ar Rahman Ayat 9 yang Dikutip Kuat Maruf dalam Nota Pembelaan atau Pledoi

Halaman:

Editor: Iman Firmansyah MDS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X