Eks Panglima GAM Resmi Ditahan KPK, Sempat Buron kini Tangan Diborgol

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:41 WIB
Eks Panglima GAM yang sempat menjadi buronan kasus korupsi, Izil Azhar saat tiba di gedung KPK. (Istimewa)
Eks Panglima GAM yang sempat menjadi buronan kasus korupsi, Izil Azhar saat tiba di gedung KPK. (Istimewa)

MEDIUSNEWS - Eks Panglima GAM yang sempat menjadi buronan kasus korupsi, Izil Azhar, kini resmi ditahan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Izil yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi, resmi masuk DPO sejak 26 Desember 2018.

Eks Panglima GAM ini diduga terlibat dalam kasus dugaan gratifikasi proyek dermaga Sabang bersama Irwandi Yusuf. Keduanya disangka melanggar Pasal 12 B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Izil diduga ikut menerima aliran gratifikasi senilai Rp 32 miliar bersama mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang sebelumnya telah menjalani vonis.

Baca Juga: Pakar Komunikasi Sebut Penangkapan Lukas Enembe Adalah Lonceng Peringatan dari KPK untuk Kita

Kasus ini bermula ketika mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi. Irwandi diduga menerima gratifikasi Rp 32 miliar terkait proyek dermaga Sabang.

Izil merupakan salah satu orang kepercayaan Irwandi Yusuf. Izil dipanggil KPK untuk memberikan kesaksian di kasus gratifikasi proyek dermaga Sabang.

Namun Izil, yang berstatus saksi, berulang kali mangkir dari panggilan KPK. Kemudian pada 26 Desember 2018, KPK resmi memasukkan Izil ke daftar pencarian orang.

Baca Juga: KPK Kembali Bantarkan Lukas Enembe ke RSPAD Rawat Inap Sejak 17 Januari 2023

Perkara ini berawal dari penyidikan KPK pada korupsi pembangunan dermaga yang dibiayai APBN 2006-2011 itu pada 2013. Nilai total proyek itu Rp 793 miliar.

Halaman:

Editor: Moch Bayu Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X