• Rabu, 7 Desember 2022

DPR Akan Dorong Hadirnya Bank Tanah, Irwan Ardi Hasman: UU Cipta Kerja Posisi Strategis Bagi Penggarap

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:53 WIB
Anggota Komisi II DPR RI Irwan Ardi Hasman (Foto: doc tim Irwan)
Anggota Komisi II DPR RI Irwan Ardi Hasman (Foto: doc tim Irwan)

MEDIUSNEWS - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi Pertanahan menilai penggarap lahan memiliki posisi strategis dalam perkembangan pemukiman perkotaan, karennya kehadiran Badan Bank Tanah dapat bersinergi.

Anggota Komisi II DPR RI Irman Ardi Hasman mengatakan sajian pendapat dari Perkumpulan Penggarap Tanah Telantar (P2T2) telah membuka wawasan untuk membuka ruang ingatan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan. Menyusul konflik pertanahan yang terjadi baru-baru ini, pasca disahkannya UU Cipta Kerja terkait tanah telantar serta akan berdirinya Badan Bank Tanah.

"Memang peran penggarap menjadi berposisi lebih straregis ketimbang sebelumnya. Maka peran masyarakat yang memadukan diri secara khusus ke dalam Perkumpulan Penggarap Tanah Telantar itu saya pikir menjadi warna tersendiri terhadap dinamika tanah telantar yang akan ditatakelola oleh Badan Bank Tanah," ungkap Irwan Ardi Hasman dalam keterangannya, Jakarta Rabu 6 Oktober 2021.

Baca Juga: P2T2 Sikapi Sengkarut Pertanahan dari Perspektif Penggarap, Perlu Kehadiran Bank Tanah

Irwan menilai Bank Tanah itu nantinya akan semakin dinamis ketika pelibatan masyarakat dilakukan dengan maksimal, terbuka serta saling sinergi demi pembangunan negara ini.

"Tidak akan mungkin institusi negara menjadi berkinerja baik dan maksimal tanpa pelibatan seluruh pemangku kebijakan," tuturnya.

Irwan yang duduk di Komisi II DPR yang salah satunya membidangi persoalan pertanahan, akan mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian ATR BPN untuk percepatan dimulainya kinerja Badan Bank Tanah.

"Saya akan lebih mendorong percepatan dimulainya kinerja Badan Bank Tanah sebab amanat UU mensyaratkan demikian," ungkap Irwan Ardi Hasman.

Baca Juga: Anggota DPR Irwan Sebut Perlunya Pengawasan Pada Pelayanan Kependudukan Guna Hindari Pungli

Halaman:

Editor: Irman Robiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Sebanyak 2.489 Jiwa

Senin, 5 Desember 2022 | 10:52 WIB
X